Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran: Mutu Pembelajaran Berbasis Data Sekolah

Jhoni Eppendi, Rustiningsih Rustiningsih, Kamarudin Ange, Khoirul Naim

Abstract


Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin satuan pendidikan adalah kepemimpinan pembelajaran dimana kompotensi ini mengarahkan kepala sekolah untuk senantiasa mengembangkan dan meningkatkan mutu layanan pembelajaran di satuan pendidikan yang dipimpin. Kepala Sekolah telah mencoba berinovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran akan tetapi hasil yang dicapai belum menunjukkan hasil yang optimal. Sehingga pelatihan peningkatan kompetensi kepemimpinan pembelajaran berbasis data sekolah perlu dilakukan untuk menjembatani Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah mencapai hasil optimal dalam mengembangkan kualitas pembelajaran. Peserta pelatihan ini terdiri dari 13 Kepala sekolah dan 8 pengawas sekolah yang terdaftar dalam sekolah penggerak di Kabupaten Nunukan. Kegiatan pelatihan dilakukan secara luring di Hotel Laura Nunukan selama 2 hari. Metode diskusi kelompok yang digunakan (collaborative learning) mampu memaksimalkan capaian kompetensi peserta pelatihan yang tertuang dalam beberapa sesi. Hasil pelatihan mengindikasikan bahwa tujuan pelatihan dapat tercapai secara optimal dimana peserta mampu merancang rencana tindak lanjut yang akan diterapkan di satuan Pendidikan setelah pelatihan selesai sesuai dengan kondisi masing-masing. Lebih lagi, peserta memberikan respon yang sangat positif yakni baik sekali terhadap performa narasumber yang mampu memfasilitasi para peserta untuk berperan aktif dalam kegiatan pelatihan. Kondisi tempat pelatihan juga memungkinkan peserta untuk mengikuti pelatihan secara kondusif. Jadi, sebuah kegiatan pelatihan tidak hanya menampilkan materi yang runtut sesuai tujuan tetapi juga yang tidak kalah penting adalah narasumber dalam mengelola pelaksanaan pelatihan.


Keywords


Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran, Pelatihan, Data Sekolah

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), 19-29.

Ikram, A., Kurniady, D. A., & Prihatin, E. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 217-224.

Olelewe, C. J., Orji, C. T., Osinem , E. C., & Rose-Keziah , I. C. (2019). Constraints and Strategies for Effective Use of Social Networking Sites (snss) for Collaborative Learning in Tertiary Institutions in Nigeria: Perception of Tvet Lecturers. Education and Information Technologies, 25, 239-258. doi:https://doi.org/10.1007/s10639-019-09963-7

Syahril, I. (2020, Maret 26). Uji Publik Model Kompetensi Guru dan Kompetensi Kepemimpinan Sekolah. Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bairašauskienė , L. (2017). Headmaster’s Competencies in Management Area: Evaluating the Significance Level of Managerial Competencies in Lithuanian Comprehensive Schools . International Conference on Social Sciences (pp. 57-63). Amsterdam: European Center for Science Education and Research.

Fu, Q. -K., Lin, C.-J., Hwang, G.-J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a Mind Mapping-based Contextual Gaming Approach on EFL Students’ Writing Performance, Learning Perceptions and Generative Uses in an English Course. Computers & Education, 137, 59-77. doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005

Hutasoit, R., & Tambunan, B. (2018). The Effect of Ice Breaking Technique in Teaching Speaking at the Tenth Grade Students of SMK Dharma Bhakti Siborongborong in Academic Year 2018/2019. International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(5), 700-705. doi:https://dx.doi.org/10.22161/ijels.3.5.2

Kartini, & Susanti. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 160-168. doi:http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905

Mumford, S., & DikilitaÅŸ, K. (2020). Pre-service Language Teachers Reflection Development through Online Interaction in a Hybrid Learning Course. Computers & Education. doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103706

Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication With Work Ethos of the Teacher. European Journal of Education Studies, 6(1), 246-256. doi:doi: 10.5281/zenodo.2649535

Quezada, R. L., Buczynski, S., Medina, R. A., Stolz, S., Fabionar , J., & Jez, R. (2020). Traditional and Non-Traditional Teacher Education Programs: The Importance of Teacher Candidate Competence, Identity, and Reflection. Teacher Education Quarterly, 47(2). Retrieved from https://go.gale.com/ps/i.do?id=GALE%7CA619740740&sid=googleScholar&v=2.1&it=r&linkaccess=abs&issn=07375328&p=AONE&sw=w&userGroupName=anon%7E84e27c2e

Renata, Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence Of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation On Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(6), 44 - 49.

Salma, N. (2020). Collaborative Learning: An Effective Approach to Promote Language development. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 7(2), 1-5. doi:10.23918/ijsses.v7i2p57

Wahyuddin, W. (2017). Headmaster Leadership and Teacher Competence in Increasing Student Achievement in School. International Education Studies, 10(3), 215-226. doi:doi:10.5539/ies.v10n3p215




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v7i2.3484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â