Upaya Peningkatan Pembelajaran Literasi Sains dan STEAM Bagi Guru-Guru TK di Desa Baru Siak Hulu
Abstract
Rendahnya tingkat literasi sains dan pemikiran kritis tidak hanya terjadi pada siswa PAUD khususnya TK, tetapi juga terjadi pada guru-guru TK, hal ini menyebabkan kurang maksimalnya pembelajaran yang ada di TK khususnya pada pembelajaran STEAM. Padahal untuk mengatasi rendahnya literasi sains tsb pemerintah telah memasukan literasi dan pembelajaran STEAM ke dalam kurikulum merdeka PAUD yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah melalui kemendikbud, namun dilapangan masih banyak ditemukan guru TK yang tidak tahu tenang literasi sains dan pembelajaran STEAM, padahal guru adalah ujung tombak dalam sebuah pembelajara. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada guru TK terkait literasi sains dan pembelajaran STEAM. Adapun metode yang digunakan dalam PkM ini menggunakan pendekatan komunitas, komunitas yang dimaksud adalah guru-guru TK di desa Baru yang berjumlah 15 orang terdiri dari 3 TK. Pelaksanaan PkM ini menggunakan ceramah untuk model penyampain materinya. Adapun hasil dari pelaksanaan PkM ini yaitu para guru-guru TK mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas baru dalam hal literasi sains dan pembelajaran STEAM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
CCSU. (n.d.). World’s Most Literate Nations Ranked. [cited 2018 April 7]. Available from URL: https://webcapp.ccsu.edu/?news=176 7&data. 2016.
Dewi, A. A. (2017). Guru Mata Tombak Pendidikan. Jawa Barat: CV Jejak .
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 446-453.
OECD. (2019). PISA 2018: Assessment and analytical framework. OECD Publishing.
Sari, M. P., & Putro, K. Z. (2021). Peranan Keluarga, Sekolah, Dan Kelompok Bermain (Play Group) Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5. 2, 39-54, https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3041.
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis. Jakarta: Prestasi Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v8i1.4354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2579-9797
P-ISSN : 2615-4323
Contact Person:
Gusriani: 082188737351
Email : jpmb.ubt@gmail.com
Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Â