Pendampingan Pengelolaan UMKM Desa Batu Hijau dalam Upaya Peningkatan Mutu dan Promosi Produk

Muhammad Sabir Mustafa, Parmin Ishak, Musafir Musafir, Nur Lazimatul Hilma Sholehah

Abstract


Desa Batu Hijau memiliki hasil laut berupa Cumi yang sangat melimpah dan telah dikembangkan menjadi suatu produk olahan cumi yakni Sambal Cumi dan Kripik Cumi oleh Karang Taruna yang terbagi ke dalam 6 kelompok UMKM Desa Batu Hijau. Namun, hasil produksi makanan cumi tersebut masih kurang maksimal karena kurangnya pemahaman kelompok UMKM terhadap pengelolaan dan pengembangan usaha serta tidak adanya legalitas usaha yang dimiliki, membuat hasil produksi kelompok UMKM tersebut harus vakum sejak tahun 2020. Oleh karena itu kelompok UMKM perlu untuk meningkatkan pemahamannya dalam digital, pembuatan merek dan legalitas pemasaran. Berdasarkan hal tersebut maka penting untuk dilakukan pelatihan dan pendampingan kelompok kepada UMKM Desa Batu Hijau agar dapat Kembali ke pasar dan memiliki brand serta legalitas untuk bersaing di pasar modern maupun platform e-commerce yang ada saat ini. Pelatihan dan Pendampingan digital marketing, branding, dan legalitas usaha bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok UMKM agar dapat memperkuat kelangsungan usaha dan memaksimalkan potensi desa. Hasil evaluasi dari kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keanggotaan kelompok UMKM dalam pembuatan email, media sosial bisnis, website, pembuatan merek, label, iklan gambar dan pendaftaran legalitas usaha (NIB dan PIRT).

 

Kata Kunci : produk olahan cumi, digital marketing, branding, legalitas usaha

Keywords


produk olahan cumi, digital marketing, branding, legalitas usaha

Full Text:

PDF

References


Adam, A. A., Wenas, R. S., & Worang, F. G. (2022). Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41411

Adek, R. T., Muhammad, Bustami, Ula, M., Fasdarsyah, & Mukhlis. (2014). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Kuliner Di Kota Bireuen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(1), 27–34.

Aji Putra, C., Aprilia, N. N., Novita Sari, A. E., Muhammad Wijdan, R., & Rafidah Putri, A. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Pengembangan UMKM di Kelurahan Tlumpu Melalui Online Single Submission (OSS). I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1397

Armiani, Dwi Arini Nursansiwi, Sofiati Wardah, Baiq Desthania Prathama, Endang Kartini, & Agus Khazin Fauzi. (2022). Legalitas Usaha dan Digitalisasi Menjadi Faktor Keberlanjutan UMKM pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(2), 145–154. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i2.545

Astuti, W., Mazia, L., Prasetyo, J. H., Sarasati, F., Dabi, J., Maharani, S., Leksmono, N. H., Samiaji, D. R., & Fathurahman, D. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Media Informasi dan Pemasaran Produk Bagi Anggota Komunitas UMKM Naik Kelas. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.56174/jap.v4i1.517

Atmojo, M. E., & Pratiwi, V. P. (2022). Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19: Branding UMKM melalui Media Sosial di Desa Hargorejo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 816. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5676

Deva Ariyani, Slamet Bambang Riono, & Hendri Sucipto. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.493

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Herawaty, N. (2022). Peran Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Jambi dalam Pengelolaan Keuangan pada Bisnis Rintisan Gubuk Nenas Jambi (Studi Kasus pada Bisnis Rintisan Gubuk Nenas Jambi). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.31629/jiafi.v6i1.4817

Hidayat, Y. A., Purnamasari, E., Wahyuni, S., Astuti, R. D., & Supaya, S. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Pada Kinerja Pemasaran: Proposisi Nilai Sosial Produk Sebagai Variabel Mediator. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11), 1917. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i11.p04

Huda, N., Mukmin, A., Kusumayadi, F., Abriyani, A., Suryadin, S., Haryanti, H., & Fajrin, M. Al. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) Pada Usaha Rengginang Ubi Di Desa Raba Baka Kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1218–1222. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.344

Jamaluddin, J., Yamin, N. Y., Nurdin, J., Laupe, S., Pattawe, A., & Haris, N. (2022). Sustainability Kelompok Bisnis Kerajinan Kapuk Di Desa Dalaka Melalui Strategi Patronage. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 739–747. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.946

Juniariani, N. M. R., Sanjaya, I. K. P. W., & Mariyatni, N. P. S. (2020). Pengelolaan Keuangan, Strategi Pemasaran, Dan Jiwa Kewirausahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(2), 125. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i2.17706

Karunia, A., Yasmin, A., Maulidah, H., & Harjanti, R. S. (2021). Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Melalui Analisis Riset Pasar Pada Umkm Kota Tegal. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 21–24. https://doi.org/10.25047/jdinamika.v6i1.2297

Kusnanto, D., Ekawaty, N., & Sidik, S. (2022). Penerapan Entrepreneurial Marketing Dan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Pada Kelompok Wanita Tani Di Desa Cintawargi, Kabupaten Karawang. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 724–734. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.604

Lutfiani, D., & Yuniasih, A. F. (2021). Pengaruh Disparitas Capaian Pendidikan Terhadap Disparitas Distribusi Pendapatan Di Indonesia Tahun 2012-2019. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 662–671. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.467

Moh. Muhajir, Lukman Khoirin, & Sugito. (2023). Pendampingan Legalitas Usaha dan Produk UMKM Anggota BMT NU Singgahan. Warta LPM, 26(2), 218–226. https://doi.org/10.23917/warta.v26i2.1620

Munawaroh, S., Ma’ruf, A., & Kristama, A. (2022). Digital Marketing Sebagai Sarana Pengembangan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BORNEO, 5(1), 63–68.

Muzakki, M. N., & Asri, K. H. (2023). Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perseptif Ekonomi Islam. ALIF, 1(2), 63–71. https://doi.org/10.37010/alif.v1i2.1021

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Nawangsasi, E., Mahendra, D., & Sutanto, Y. (2020). Pelatihan Kreativitas Kewirausahaan pada Kelompok UMKM di Kampung Minapadi Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta. WASANA NYATA, 4(2), 77–81. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.740

Patiro, S. P. S., Aryani, D., Rekarti, E., & Wibowo, M. (2023). Peningkatan pengetahuan marketplace pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan website education marketplace. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 12–26. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19282

Rahmiyanti, S., & Sulistyo, A. B. (2023). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UKM/UMKM Kota Cilegon. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i1.2488

Rendra, M. I., Rahmawati, L., Sholihah, H. R., Saputra, M. R., Arviani, N., Izzulhaq, A., & Kusuma, M. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Dokumen Legalitas Usaha pada UMKM Sukilah Snack. Surya Abdimas, 6(4), 671–678. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i4.2263

Rozaki, Z., & Paksi, A. K. (2022). Developing Creative Smes for Imrproving Village Economic Independence In Terong Ii, Dlingo, Bantul. Abdimas Galuh. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.7441

Saefullah, A., & Ruvi, M. (2022). Penguatan Legalitas Usaha Pelaku UMKM melalui Pembuatan NIB di Lokasi Wisata Ciung Wanara Ciamis. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(3), 105–111. https://doi.org/10.37010/pnd.v1i3.918

Salamah, I., Said, M. R. A., & Soim, S. (2022). Perancangan Alat Identifikasi Wajah Dengan Algoritma You Only Look Once (YOLO) Untuk Presensi Mahasiswa. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(3), 1492. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4399

Santi, I. N., Hatma, R., Mubaraq, R., Farid, Wanti, S., & Surayya. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran bagi UMKM Kota Palu di Era Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 11(3), 667–674. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9230

Sasono, H., & Herlina. (2022). Memperluas Target Penjualan Umkm Melalui Digital Marketing. NUSANTARA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 89–99. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.505

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p16

Solahudin, A., Wibowo, S. N., Misbak, M., & Yepsi, S. A. (2022). Meningkatkan Nilai Produktivitas UMKM Corn Es Krim melalui Pendampingan Pembuatan NIB di Desa Cipinang, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1683–1690. https://doi.org/10.54082/jamsi.510

Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Hasanah, S. I., Kusyairi, K., & Susanti, L. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Desa Branta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 105–109. https://doi.org/10.38043/parta.v3i2.4115

Tajuddin, T., Ernawati, E., Natsir, M., Asizah, N., Rahim, M., Ahmad, A., & Dja’wa, A. (2022). Penyuluhan Sertifikasi Produk dan Legalitas Usaha Bagi Pelaku Usaha Pada Sentra Industri Tahu dan Tempe di Kabupaten Konawe Selatan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 717–723. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.891

Wijaya, A., Fitriadi, F., Ulfah, Y., Busari, A., & Kurniawan A., E. (2022). Peningkatan Ketahanan UMKM dan Kelompok PKK di Kampung Ketupat Kota Samarinda Menghadapi Krisis Pandemi. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 70–75. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.151

Wisnumurti, A. A. G. O. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Kebijakan Pendaftaran Izin Usaha UMKM Secara Digital melalui Online Single Submission (OSS) di Kota Denpasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5441–5446. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1230

Yulia, N. M., & Zuhriyah, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat Desa Ngguyangan Di Masa Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 468–473. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4391




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v8i2.4987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â