EDU KIDS’ DAY: CHARACTER BUILDING UNTUK ANAK-ANAK DESA NAINSID KECAMATAN LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN
Abstract
Pembangunan karakter mengacu pada proses pengembangan sifat, nilai, dan perilaku positif dan penting yang berkontribusi pada pertumbuhan pribadi, pengambilan keputusan etis, dan kewarganegaraan yang bertanggung jawab. Ini mencakup pengembangan kebajikan seperti kejujuran, integritas, empati, rasa hormat, ketahanan, dan kasih sayang. Pembentukan karakter yang efektif membekali anak-anak dengan pedoman moral dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup, memberikan kontribusi positif kepada komunitas mereka, dan menjalani kehidupan yang memuaskan dan beretika. Ini adalah proses berkelanjutan yang memerlukan pengasuhan, penguatan, dan upaya kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan di lingkungan anak. Kegiatan pembangunan karakter sangat penting bagi anak-anak di daerah pedesaan karena mereka tidak hanya memupuk sifat-sifat dan nilai-nilai positif tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang dalam lingkungan unik mereka, memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas mereka, dan mempersiapkan masa depan yang sukses. Program Kemitraan bagi Masyarakat (PKM) Edu Kids’ Day: Character Building untuk Anak-Anak Desa Nainsid Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan ini memprioritaskan pembangunan karakter bagi anak-anak di pedesaan, masyarakat dapat membina generasi individu yang tangguh, penuh kasih sayang, dan berdaya yang mampu mengatasi tantangan, memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang mendefinisikan komunitas mereka.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v8i2.5682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2579-9797
P-ISSN : 2615-4323
Contact Person:
Gusriani: 082188737351
Email : jpmb.ubt@gmail.com
Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Â