PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PESERTA DIDIK (STUDI KOMPARASI SDN 037 TARAKAN INDONESIA DAN CHIANG RAI MUNICIPALITY SCHOOL 2 THAILAND)

Rizna Rizna, Muhammad Yunus, Agustinus Toding Bua

Abstract


Abstract: This research type is about descriptive qualitative research
was conducted at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai
Municipality School 2 Thailand in the 2018/2019 school year. The focus
of this study is the implementation of Character Education
Strengthening based on school culture in order to improve the
competitiveness of students. The second research focus is the
development of character values in order to improve the competitiveness
of students at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai Municipality
School 2 Thailand. The results of this research are the implementation
of Strengthening Character Education to Increase Competitiveness of
Students at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai Municipality
School 2 Thailand. The second result is the development of character
values based on the five main values of Strengthening Character
Education, namely religious, nationalist, independent, mutual
cooperation and integrity which in its development there are similarities
and differences in the forms of development that are influenced by
school culture and trust in each country.
Keywords: Strengthening Character Education, School Culture,
Competitiveness, Comparative Studies.


Full Text:

PDF

References


Aini, Noor Vida. 2017. Impelementasi Pendidikan Karakter melalui metode pembiasaan di

Penguatan pendidikan karakter

kelas 3 SD negeri 2 Blunyahan. Diakses dari: http://vidanooraini.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/15496/2017/10/IMPLEMENTASI-PENDIDIKAN-KARAKTERMELALUI-METODE-PEMBIASAAN-DI-KELAS-3-SD-NEGERI-2BLUNYAHAN.pdf

Astuti, Albertin Dwi. 2015. Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Siswa Kelas X

Jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Klaten. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Diakses dari: https://eprints.uny.ac.id/26156/1/Albertin%20Dwi%20Astuti%20%2013511245010.pdf

Gufroni. 2018. Integritas Moral dan Korelasinya dengan Perilaku Korupsi. Universitas

Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari:

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9716/34.%20Gufroni.pdf?seque

nce=1&isAllowed=y

Hidayat, Akhmad Syaiful. 2018. Implementasi Nilai Gotong Royong di Masyarakat Perkotaan

(Studi Kasus pada masyarakat dusun sidomulyo Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura,

Kabupaten Sukoharjo). (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari:

http://eprints.ums.ac.id/65142/

Irwanto. 2018. Penanaman Nilai-nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa.

(Skripsi, UIN Sunan Kalijaga). Diakses dari: http://digilib.uinsuka.ac.id/32023/1/1620010006_BAB%20I%20%20V_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 62 tentang Kegiatan

Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 62 tentang Kegiatan

Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta

Kurniawan, Faidillah dan Karyono, Tri Hadi. (2010). Ekstrakurikuler sebagai Wahana

Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Bebas,

Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nasution, Toni. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter.

Ijtimaiyah UIN Sumatera Utara, 2 (1).

Purwanto, Nanang. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachman, Fazli dan Hijran, Muhamad. (2017). Kajian Keteladanan dalam Memperkuat

Pendidikan Indonesia. Prosiding the 5

Penguatan pendidikan karakter

th

university research colloquim. Universitas

Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Rahman, Adi. (2016). Perubahan Budaya Bergotong Royong Masyarakat di Desa Santan

Tengah Kecamatan Marangkayu. E-jurnal Sosiatri-Sosiologi, Universitas Mulawarman.

Rukmana, Yulia. (2016). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing

Lembaga Pendidikan (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Nurul Jadid

Palton Probolinggo). Skripsi, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Diakses dari: http://etheses.uin-malang.ac.id/6075/1/13710035.pdf

Salwa, Arfah., Away, Yuwaldi dan Tabrani Mirza. (2018). Pengaruh Komitmen, Integritas dan

Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai serta Dampaknya pada Kinerja Komisi

Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2 (1).

Sitompul, Hafsah. (2016). Metode Keteladanan & Pembiasaan dalam Penanaman Nilai-nilai

dan Pembentukan Sikap pada Anak. Jurnal Darul’ilmi, 4 (1).

Sriwilujeng, Dyah. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:

Erlangga.

Suid., Syafrina, Alfiati dan Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses

Pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona dasar, 1 (5).

Suwandayani, Beti Istanti dan Isbadrianingtyas, Nafi. (2017). Peran Budaya Sekolah dalam

Pembentukan Karakter Anak SD. Prosiding SENASGABUD, Universitas

Muhammadiyah Malang. 2599-8406

Wahyudi, A., Muzakki, M.H., Juliyansyah. (2017). Pembelajaran Berbasis Karakter untuk

Meningkatkan Daya Saing dalam Era Global Bagi Siswa di Daerah Terdepan, Terluar

dan Tertinggal (Studi Kasus di Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, NTT, dan Papua).

Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1 (1).

Yazid, Yasril. (2009). Konflik Minoritas Melayu dan Militer Thailand Analisis terhadap Krisis

Politik di Selatan Thailand. Fakultas Dakwah UIN Suska Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Dasar Borneo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923