PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PESERTA DIDIK (STUDI KOMPARASI SDN 037 TARAKAN INDONESIA DAN CHIANG RAI MUNICIPALITY SCHOOL 2 THAILAND)
Abstract
Abstract: This research type is about descriptive qualitative research
was conducted at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai
Municipality School 2 Thailand in the 2018/2019 school year. The focus
of this study is the implementation of Character Education
Strengthening based on school culture in order to improve the
competitiveness of students. The second research focus is the
development of character values in order to improve the competitiveness
of students at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai Municipality
School 2 Thailand. The results of this research are the implementation
of Strengthening Character Education to Increase Competitiveness of
Students at SDN 037 Tarakan Indonesia and Chiang Rai Municipality
School 2 Thailand. The second result is the development of character
values based on the five main values of Strengthening Character
Education, namely religious, nationalist, independent, mutual
cooperation and integrity which in its development there are similarities
and differences in the forms of development that are influenced by
school culture and trust in each country.
Keywords: Strengthening Character Education, School Culture,
Competitiveness, Comparative Studies.
Full Text:
PDFReferences
Aini, Noor Vida. 2017. Impelementasi Pendidikan Karakter melalui metode pembiasaan di
Penguatan pendidikan karakter
kelas 3 SD negeri 2 Blunyahan. Diakses dari: http://vidanooraini.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/15496/2017/10/IMPLEMENTASI-PENDIDIKAN-KARAKTERMELALUI-METODE-PEMBIASAAN-DI-KELAS-3-SD-NEGERI-2BLUNYAHAN.pdf
Astuti, Albertin Dwi. 2015. Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Siswa Kelas X
Jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Klaten. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Diakses dari: https://eprints.uny.ac.id/26156/1/Albertin%20Dwi%20Astuti%20%2013511245010.pdf
Gufroni. 2018. Integritas Moral dan Korelasinya dengan Perilaku Korupsi. Universitas
Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari:
https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9716/34.%20Gufroni.pdf?seque
nce=1&isAllowed=y
Hidayat, Akhmad Syaiful. 2018. Implementasi Nilai Gotong Royong di Masyarakat Perkotaan
(Studi Kasus pada masyarakat dusun sidomulyo Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura,
Kabupaten Sukoharjo). (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari:
http://eprints.ums.ac.id/65142/
Irwanto. 2018. Penanaman Nilai-nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa.
(Skripsi, UIN Sunan Kalijaga). Diakses dari: http://digilib.uinsuka.ac.id/32023/1/1620010006_BAB%20I%20%20V_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 62 tentang Kegiatan
Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 62 tentang Kegiatan
Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta
Kurniawan, Faidillah dan Karyono, Tri Hadi. (2010). Ekstrakurikuler sebagai Wahana
Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Bebas,
Universitas Negeri Yogyakarta.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nasution, Toni. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter.
Ijtimaiyah UIN Sumatera Utara, 2 (1).
Purwanto, Nanang. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rachman, Fazli dan Hijran, Muhamad. (2017). Kajian Keteladanan dalam Memperkuat
Pendidikan Indonesia. Prosiding the 5
Penguatan pendidikan karakter
th
university research colloquim. Universitas
Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Rahman, Adi. (2016). Perubahan Budaya Bergotong Royong Masyarakat di Desa Santan
Tengah Kecamatan Marangkayu. E-jurnal Sosiatri-Sosiologi, Universitas Mulawarman.
Rukmana, Yulia. (2016). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing
Lembaga Pendidikan (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Nurul Jadid
Palton Probolinggo). Skripsi, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Diakses dari: http://etheses.uin-malang.ac.id/6075/1/13710035.pdf
Salwa, Arfah., Away, Yuwaldi dan Tabrani Mirza. (2018). Pengaruh Komitmen, Integritas dan
Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai serta Dampaknya pada Kinerja Komisi
Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2 (1).
Sitompul, Hafsah. (2016). Metode Keteladanan & Pembiasaan dalam Penanaman Nilai-nilai
dan Pembentukan Sikap pada Anak. Jurnal Darul’ilmi, 4 (1).
Sriwilujeng, Dyah. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:
Erlangga.
Suid., Syafrina, Alfiati dan Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses
Pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona dasar, 1 (5).
Suwandayani, Beti Istanti dan Isbadrianingtyas, Nafi. (2017). Peran Budaya Sekolah dalam
Pembentukan Karakter Anak SD. Prosiding SENASGABUD, Universitas
Muhammadiyah Malang. 2599-8406
Wahyudi, A., Muzakki, M.H., Juliyansyah. (2017). Pembelajaran Berbasis Karakter untuk
Meningkatkan Daya Saing dalam Era Global Bagi Siswa di Daerah Terdepan, Terluar
dan Tertinggal (Studi Kasus di Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, NTT, dan Papua).
Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1 (1).
Yazid, Yasril. (2009). Konflik Minoritas Melayu dan Militer Thailand Analisis terhadap Krisis
Politik di Selatan Thailand. Fakultas Dakwah UIN Suska Riau.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v1i1.1260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Dasar Borneo
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats