PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TEMA 7 SUBTEMA 1 PADA SISWA KELAS IV SDN 036 TARAKAN

Tyaz Hasthishita, Kartini Kartini, Agustinus Toding Bua

Abstract


Abstract: This research purpose to produce learning media of scrapbooks in terms of the validity of the media, materials and practitioners as well as knowing the responses of IV-A students to scrapbook learning media. This research is a research and development (Research and Development). The research and development procedure uses the ADDIE model which consists of five stages namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The feasibility assessment of scrapbook learning media consists of media experts, material experts and practitioner experts. The subject of the research was class IV-A class year 2018/2019 SDN 036 Tarakan with 28 students. The results of the feasibility of the validation of the experts are 1) Media validation gets a percentage of 97%; 2) Material validation I obtained a percentage of 97.5%; 3) Material validation II obtains a percentage of 95%; and 4) Validation of practitioners obtains a percentage of 92.3%. All validation results get Very Eligible criteria. The results of student responses from limited trials in class IV-A class of academic year 2017/2018 obtained a percentage of 90% with very decent criteria, while the results of student responses from field trials in class IV-A class of academic year 2018/2019 gained a percentage of 95% with very decent criteria.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa scrapbook yang ditinjau dari validitas media, materi dan praktisi serta mengetahui respon siswa IV-A terhadap media pembelajaran scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penilaian kelayakan media pembelajaran scrapbook terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A angkatan tahun ajaran 2018/2019 SDN 036 Tarakan dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil kelayakan dari validasi para ahli yaitu 1) Validasi media memperoleh persentase 97%; 2) Validasi materi I memperoleh persentase 97.5%; 3) Validasi materi II memperoleh persentase 95%; dan 4) Validasi praktisi memperoleh persentase 92.3%. Semua hasil validasi mendapatkan kriteria Sangat Layak. Hasil respon siswa dari uji coba terbatas di kelas IV-A angkatan tahun ajaran 2017/2018 memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil respon siswa dari uji coba lapangan dikelas IV-A angkatan tahun ajaran 2018/2019 memperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Damayanti, Maita. 2017. Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5 No.3.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dewi, Tiara Kusnia. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 1 Issn: 2087-9385

Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Puspita, Diana Mega. 2018. Artikel Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat) Kelas V SDN Ngadirejo 5 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal. Simki-Pedagogia Vol. 02 No. 03 Tahun 2018 ISSN : 2599-073x.

Rosyana, Vicki. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pengetahuan Terhadap Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Kelas VII Di Smp Negeri 3 Sawit Boyolali. Jurnal. eprints.ums.ac.id/67925/

Rosihah, Ida. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4, No. 1. Https://Ojs.Uniska-Bjm.ac.id

Suryani, Nunuk; Setiawan, Ahcmad; Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Rosdakarya

Wardhani, Seto Wahyu. 2018. Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal. Jurnal Sekolah (Js). Vol 2 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tyaz Hasthishita, Kartini Kartini, Agustinus Toding Bua



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923