EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Agung Sapto Nugroho, Nyoto Harjono

Abstract


Abstract: The purpose of this research was to re-analyze the use of cooperative learning type  numbered head together model in increasing the learning outcome in mathematics studies subject. The research method was meta-analysis. The research began with formulating research problems, then trancing relevant research result to be analyzed. The data was collected by browsing article, electronic journals, and essay using “learning outcomes”, “numbered head together model”, and “Mathematics Studies of Primary Education”. The searching result showed that there were 13 articles, electronic journals, and essay but only 9 relevant articles, electronic journals, and essay. The data were analyzed using qualitative descriptive analysis. The analysis result showed that cooperative learning type numbered head together  model could improve student’s learning from the lowest 15,81%. to the highest 91,88% and the mean was 43,85%.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran tipe kooperatif tipe  numbered head together dalam menaikkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian adalah meta-analisis. Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian menguji hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri artikel, jurnal elektronik, dan esai menggunakan "hasil pembelajaran", "model numbered head together", dan "Studi Matematika Pendidikan Dasar". Hasil pencarian menunjukkan bahwa ada 13 artikel, jurnal elektronik, dan esai tetapi hanya 9 artikel yang relevan, jurnal elektronik, dan esai. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe kooperatif tipe numbered head together dapat menaikkan hasil belajar siswa dari yang terendah 15,81%. sampai yang tertinggi 91,88% dengan rata-rata sebesar 43,85%.


Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. “Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elemntary Schools]”. Polyglot: Jurnalilmiah. Vol.20, pp 9-18. 2018

Chan, Putu Wisjayani Dadri, Made Putra , dan I Wayan Darsana. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV”. Mimbar PGSD. Vol.5. 2017

Elena, Anna Simamora. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Negeri 067093 Medan T.A 2018/2019”. Jurnal Mutiara Pendidikan. Vol.4. 2019Susilo, Joko M. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hazilla, Dhesta Aliputri. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Math Didactic. Vol.5, pp 23-31. 2019

Juliana. “Pengaruh Koperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Siswa Kelas IV SD N 14 Pontianak Selatan”. Universitas Tanjungpura. Pontianak. 2013

Kristian, Agus. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh”. Genta Mulia. Vol.9, pp 71-82. 2018

Na’im, Ahmad, dan Wuli Oktiningrum. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. Indiktika. Vol.2, pp 10-20. 2019

Novian, Elsa Kusumawardhani, dan Aries Tika dan Kiswoyo. “Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantu Media Kopiko Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Batursari 6 Mranggen”. Universitas PGRI. Semarang. 2017.

Ovi ,Lilik Arista, Agung Handayanto , dan Aries Tika Damayani. “Efektifitas Model Pembelajaran Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Bendungan Semarang”. Jurnal Guru Kita. Vol.2, pp 47-56. 2018

Puspitasari, Ganis. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Lor 02 Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015/2016” Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. 2016

Sanjaya, Wina. “Srtategi Pembelajaran”. Jakarta: Prenada Media Grup. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agung Sapto Nugroho, Nyoto Harjono



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923