PENGEMBANGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS TEORI BELAJAR BERMAKNA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendekatan Open-ended berbasis teori belajar bermakna sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini sesuai dengan tujuan pendekatan Open-ended. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan, mengimplementasikan dan pengaruh serta dampak dari penerapan pendekatan Open-ended berbasis teori belajar bermakna dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Lokasi penelitian adalah 3 Sekolah Dasar di Kota Tarakan, sedangkan subyek penelitian ini adalah Guru dan Siswa Kelas tinggi (kelas 4,5, dan 6) menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan ini layak digunakan berdasarkan penilaian teman sejawat, dosen ahli, dan guru, efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari penerapan saat proses pembelajaran yaitu nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 83.33 dibanding siswa kelas kontrol rata-rata sebesar 80.07. pada uji validasi model akhir.
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Sugiyono, 2012. Statistik Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardjo. (2012). Buku pegangan kuliah evaluasi pembelajaran IPA. ProgramStudi Pendidikan Sains ProgramPascasarjana UNY.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i2.1516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ahsan Sofyan
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats