PENINGKATAN HASIL KINERJA GURU DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan perangkat supervisi melalui supervisi akademik SDN 005 Tarakan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan perangkat supervisi melalui supervisi akademik SDN 005 Tarakan. Subjek dalam penelitian ini  adalah guru-guru SDN 005 Tarakan yang berjumlah 21 guru, terdiri dari 5 guru laki-laki dan 16 guru perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 bulan mulai bulan Januari 2019 sampai bulan April 2019. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus supervisi yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui supervise akademik dapat meningkatkan kinerja guru SDN 005 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Hasil kinerja guru mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 yang tuntas hanya 3 orang guru atau 14,29%, sedangkan pada pertemuan berikutnya terjadi peningkatan yang signifikan hingga pada siklus II pertemuan 6 terdapat 21 guru atau 100% mencapai ketuntasan dalam supervisi, demikian juga terjadi aktivitas peneliti dan guru sangat aktif sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kinerja guru telah mengalami peningkatan melalui supervise akademik pada guru SD Negeri 005 Tarakan.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v3i2.1796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 siti rohani, sucahyo al masan al wahid
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats