KORELASI KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 25 DOMPU
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 25 Dompu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Product Moment.Berdasarkan hasil analisis data bahwa kreativitas guru dalam mengajar memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa, Hal ini ditunjukan dengan hubungan kreativitas guru dengan prestasi siswa dari hitung rxysebesar 0.507 kategori cukup kuat, kreativitas guru memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 25,70% dan sisanya 74,30% ditentukan oleh variabel lain. Terbukti bahwa ada hubungan yang signifikan kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa, ternyatat-hitung 3.6733 lebih besar dari nilai t-tabel 1.6828 atau (3.6733 >1.6828) sesuai dengan jumlah n = 41 Pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% (tabel r product moment terlampir).Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompu’’, ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompuâ€, diterima
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. In Rineka Cipta.
Budiarti, Y. (2015). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143
Darmadi, H. (2015). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. Jurnal Edukasi.
Jamaluddin, J. (2020). Guru Sebagai Profesi. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119
Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7
Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pesona Dasar. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v3i1.1810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mulya Yusnarti, Dedi Kusnadi
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats