KORELASI KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 25 DOMPU

Mulya Yusnarti, Dedi Kusnadi

Abstract


Abstract: This study aims to determine the creativity of teachers in teaching learning achievement of students at SDN 25 Dompu. Data collection methods used were questionnaire and test. The data analysis technique used in this study is to use the Product Moment formula. Based on the results of data analysis that teacher creativity in teaching has a significant relationship with student achievement, this is indicated by the relationship of teacher creativity with student achievement from rxys count as big as 0.507 categories, teacher creativity contributes to student achievement by 25.70% and the remaining 74.30% is determined by other variables. It is proven that there is a significant relationship between teacher creativity and student learning achievement, it is calculated that 3.6733 is greater than the value of t-table 1.6828 or (3.6733> 1.6828) according to the number of n = 41 At the 5% significance level or the 95% confidence level (table r product moment attached). This shows that the null hypothesis (Ho) which reads "There is no relationship between the creativity of teachers in teaching with the learning achievement of fourth grade students at SDN 25 Dompu '', is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) which reads" there is a relationship between teacher creativity in teaching and learning achievement of fourth grade students at SDN 25 Dompu ”, accepted


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 25 Dompu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Product Moment.Berdasarkan hasil analisis data bahwa kreativitas guru dalam mengajar memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa, Hal ini ditunjukan dengan hubungan kreativitas guru dengan prestasi siswa dari hitung rxysebesar 0.507 kategori cukup kuat, kreativitas guru memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 25,70% dan sisanya 74,30% ditentukan oleh variabel lain. Terbukti bahwa ada hubungan yang signifikan kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa, ternyatat-hitung 3.6733 lebih besar dari nilai t-tabel 1.6828 atau (3.6733 >1.6828) sesuai dengan jumlah n = 41 Pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% (tabel r product moment terlampir).Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompu’’, ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 25 Dompu”, diterima


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. In Rineka Cipta.

Budiarti, Y. (2015). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Darmadi, H. (2015). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. Jurnal Edukasi.

Jamaluddin, J. (2020). Guru Sebagai Profesi. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119

Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pesona Dasar. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mulya Yusnarti, Dedi Kusnadi



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923