DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERIK MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 035 TARAKAN

Nur Halizah, Dedi Kusnadi, Roby Zulkarnain Noer

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik matemtika pada siswa kelas IV di SDN 035 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 035 Tarakan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini difokuskan pada tingkat kemampuan numerik matematika pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan numerik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan numerik siswa terkait dengan operasi hitung bilangan bulaat berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian: 1) Siswa belum mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian terkait dengan kemampuan numerik. 2) Siswa kebingungan dalam kaitannya dengan hasil penyelesaian ketika bilangan negatif dan bilangan positif berada dalam suatu operasi hitung bilangan, 3) Siswa memiliki kemampuan numerik yang rendah sehingga membuat siswa kurang memiliki kemampuan numerik yang baik dan kesulitan dalam mengerjakan soal matematika.


References


Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Dandy. 2010. Tes Bakat atau Aptitude Test. Di download 10 Januari 2020 dari http: //dandy. student. fkip. uns. ac. id/2010/06/28/tes-bakat-atau-aptitude-test/

Dwi Ismoro. 2014. Hubungan Antara Kreativitas Siswa dan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika: 2(2)-36 dalam portalgaruda.org diakses pada 30 November 2020

Dwi Sunar. 2010. Edisi lengkap tes IQ dan SQ.Yogyakarta: Flash Books.

Eka Eismawati,dkk. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: 3(2)-72. Online. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika. Diakses tanggal 28 Januari 2020.

Fanany, El. 2013. Guru Sejati Guru Idola. Yogyakarta: Araska.

Froiland, dkk .2012. ‘Intrinsic Motivation to learn :The Nexuc between Psychological Hearlth and Academic Success’. Jurnal of Contemporary School Psychology, 16, 94.

Indrawati, Farah. 2016. Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematik. Jurnal Formatif.3(3): 215-223.Online. Diakses tanggal 10 Januari 2020

Ki Fudyartanta. 2004. Tes Bakat dan Perskalaan Kecerdasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Margono, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, B dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. UI- Press. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Nugrahani, F., & Hum, M. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurjanatin, dkk . 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didikdalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi luas Permukaan Balok Di Kelas VIII – F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya: 2(1)(25). Online. Diakses tanggal 10 Februari 2021.

Panjaitan, F. I. J. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung TA 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Robbins, S. P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas

Suparlan & Juhariah. 2010. Pengaruh Minat dan Kecerdasaan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. EduMa :1(2):129. Online. Diakses tanggal 10 Juli 2020

Susanti, Devi, & Faridah Rohmah. (2011).Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) pada Siswa Kelas XI.Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v4i1.2303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Halizah , Dedi Kusnadi, Roby Zulkarnain Noer



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats