ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN LANGKAH POLYA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelas IV SD Negeri 11 Ngringo Tahun Pelajaran 2020/2021)

Rini Puji Rahayu, Yusuf Yusuf, Ema Butsi Prihastari

Abstract


Penelitian ini untuk menemukan dan mengungkap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menganalisis jawaban peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar dengan langkah Polya. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Ngringo Tahun Palajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar sebagai berikut: peserta didik kategori tinggi dengan total skor 24 mampu menyelesaikan soal dengan indikator pemecahan masalah dan tidak melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian masalah. Peserta didik kategori sedang dengan total skor 12 belum mampu menyelesaikan soal dengan indikator pemecahan masalah. Peserta didik kategori rendah dengan total skor 8 belum mampu menyelesaikan soal dengan indikator pemecahan masalah dan masih salah dalam tahap menghitung penyelesaian masalah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rini Puji Rahayu



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923