KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH IPA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD

Agustinus Toding Bua, Teresia Ardilla M

Abstract


Pencapaian kompetensi pada suatu satuan pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai kompetensinya di SD adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk menumpuk rasa ingin tahu peserta didik secara ilmiah. Hal ini membantu mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban atas fenomena alam. Tetapi pada kenyataannya tidak semua peserta didik menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Penguasaan konsep IPA yang kurang ini disebabkan oleh kesulitan mahasiswa menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Temuan penelitian ini memberikan informasi penguasaan konsep IPA dan kemampuan pemecahan masalah IPA berada pada kategori cukup baik. Kondisi ini disebabkan oleh kesulitan mahasiswa dalam merespon pembelajaran yang diberikan oleh dosen mereka.  Penyebab kesulitan belajar IPA peserta didik mahasiswa dari faktor internal yakni minat aspek minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan cita-cita. Faktor eksternal yakni banyak istilah asing, materi yang terlalu padat, dan mahasiswa terkesan susah memahami materi tanpa tersedianya media.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fyanda, B. F, Israwati, & Ruslan. (2019). upaya guru mengatasi kesulitan belajar anak disleksia di SDN 10 Banda Aceh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hadi, W. P. (2019). Identifikasi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru IPA pada penyelesaian soal titrasi. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(2), 100-105.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara .

Nugraheni, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1).

Umar, T & La Sulo, S.L. (2012). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyawan, D. G. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Congkrang 1 Muntilan Magelang. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sangadji, E. M. & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta:

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v4i1.2991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

 

 

View My Stats