PROFIL KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN

Firdausiana Garnindya Handayani, A. Wilda Indra Nanna, Dedi Kusnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil jenis kesulitan yang dialami siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatitif deskriptif. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu tes materi pecahan dalam bentuk soal cerita yang dikonfirmasi melalui wawancara. Sebanyak 18 siswa kelas V di sekolah dasar yang mengerjakan tes, dan 5 orang ditindaklanjuti dalam wawancara sebagai bagian dari triangulasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) siswa yang mengalami kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal sebanyak 25,45%; (b) siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep sebanyak 25,96%; (c) siswa yang mengalami kesulitan memahami simbol sebanyak 33,65%; (d) siswa yang mengalami kesulitan dalam berhitung sebanyak 51,93%; dan (e) jika siswa sudah mengalami kesulitan pada memahami maksud dan penjelasan soal maka siswa juga akan mengalami kesulitan pada jenis kesulitan lainnya atau pada tahapan selanjutnya.

References


Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 118-122.

Arsyad, R. B., & Hakim, A. (2019). Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 1-12.

Jamal, F. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Januari, E., Yusmin, E., & Nur, A. (2017). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan bangun ruang di SMP Kristen Maranatha Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).

Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Miles, B., & Huberman, A. M. 2014. Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI-Press.

Nanna, A. W. I., Tiro, M. A., & Rahman, A. (2014). Deskripsi kemampuan penalaran dan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas VII-2 Smp Negeri 1 Bulukumba (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras, 14(1).

Prasetyawan, D. G. (2016). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDNegeri Congkrang 1 Muntilan Magelang. Basic Education, 5(26), 2-481.

Rizqiyyah, N. F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok kelas V MI Nashrul Fajar Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.

Roesslein, R. I., & Codding, R. S. (2019). Fraction interventions for struggling elementary math learners: A review of the

literature. Psychology in the Schools, 56(3), 413-432.

Siegler, R. S., Fazio, L. K., Bailey, D. H., & Zhou, X. (2013). Fractions: The new frontier for theories of numerical development. Trends in cognitive sciences, 17(1), 13-19.

Suarjana, I. M., Parmiti, D. P., & Arry Safitri, P. E. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elemantary Education, 2.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakansoal cerita matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan belajar siswapada pelajaran matematika (rangkuman dengan pendekatan meta-ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v4i2.3065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firdausiana Garnindya Handayani, A. Wilda Indra Nanna, Dedi Kusnadi



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats