PEMANFAATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SENGGRONG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fahruddin, et. al, (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research. 4(1). 49-53.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1(1). 114-119.
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. 3(2). 152-156.
Heryanti. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Materi Mengidentifikasi Benua-Benua Pada Pembelajaran IPS Di Kelas VI SDN Sukadanau 05 Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana. 8(4). 82-93.
Marno & Normas, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan dengan Menggunakan Model Number Head Together. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo). 2(1). 66-73.
Mesrawati. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di Sd Negeri 018 Rambah Melalui Kelompok Kerja Guru Sekolah (KKGS). Jurnal Pendidikan Rokania. 1(2). 31-42.
Noto, et. al. (2018) Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(2) 201-210.
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 67-76.
Nurfadhillah et. al. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2). 289-298.
Nursanjaya (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis Untuk Memudahkan Mahasiswa. NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 4(1). 126-141.
Prasetyo, E & Nyoto, E. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo). 1(2). 111-119.
Prihatmojo, A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Tanjung Aman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 1(1). 89-100.
Sinar, D. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Siregar, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata diTK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi. 2 (16). 128-136.
Siska, et. al. (2021). Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Media Pembelajaran Manik - Manik Warna. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(2). 242-253.
Sumianto. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4). 1446-1459.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika. 2(1). 36-46.
Triwiyanto, T. (2022). Menejemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B, S. (2020) Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2(1). 23-27.
Widyaningrum, R., & Prihastari, E, B. (2021) Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Melalui Etnomatematika dan Etnosains (Ethnomathscience). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2). 335-341
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v6i2.3478
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Oktavia nurhana Zulfa
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats