PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS TEORI BELAJAR BERMAKNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SOLUTIF (PROBLEM SOLVING) SISWA SEKOLAH DASAR

ahsan sofyan

Abstract


Dalam proses pembelajaran kemampuan berpikir siswa menjadi tujuan penting, penggunaan model, metode, media, dan pendekatan pembelajaran menunjang peningkatan kemampuan berpikir  solutif siswa. Sistem pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir solutif  siswa adalah menerapkan model pembelajaran open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil pengukuran pada penerapan model pembelajaran open-ended diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 65.17 sedangkan kelas kontrol dengan skor 73.67. Kemudian setelah dilakukan post-test meningkat mencapai rerata skor 81.08. Aktifitas yang paling menonjol selama proses penerapan model pembelajaran open-ended yang menggambarkan terciptanya suasana pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered).


Full Text:

PDF PDF

References


Anderson, L. W. dan D. R. Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Boston: Allyn & Bacon

Angela, T. (2014). Challenges to meaningful learning in social studies–the key competences as an opportunity to students’ active participation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 128, 192-197.

Ausubel, D. P. (2000). The acquisition and retention of knowledge. Dordrecht: Kluwer.Badger,

Shimada, S. (1997). The Open-ended Approach: A new Proposal for Teching Mathematics. Virginia: NCTM.

Badger, E., B. Thomas, (1992). “Open-ended questions in reading,†Practical Assessment, Res. and Evaluation, Vol. 3, No. 4, pareonline.net

Novak, J. D. (2002). Meaningful Learning: The Essential Factor for Conceptual Change in Limited or Inappropriate Propositional Hierarchies Leading to Empowerment of Learners. Science Education, Vol. 86, 548-571

Shimada, I., & Baba, T. (2015). Transformation of students’ values in the process of solving socially open-ended problems. In Proc. 39th conference of the international group for the psychology of mathematics education (Vol. 4, pp. 161–168). Hobart, Australia: PME.

Sofyan, A., Disman, D., Kokom, K., & Erlina, W. (2019). Pengembangan pendekatan open-ended dalam pembelajaran ips untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar di Kalimantan Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 1(2).




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v5i2.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ahsan sofyan



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats