STUDI LITERATUR: PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriani, D. O. N. A. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Komunikasi Keluarga dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di Smk Kartika 1-2 Padang. Pendidikan Ekonomi, 4(2), 29948.
Amseke, F. V. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65-81.
Apdillah, D., Simanjuntak, C. R. A., Napitupulu, C. N. S. B., Sirait, D. D., & Mangunsong, J. (2022). The Role of Parents in Educating Children in The Digital Age. Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(3), 1-8.
Aprilia, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs N 4 Lombok Timur. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(2), 109-122.
Cahyawati, E. N., Rokhmaniyah, R., & Azhar, E. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 319-325.
Deriyansah, R., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 634-640.
Emor, A. C., Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 45-57.
Fany, M., Romlah, R., Damayanti, O., Busahdiar, B., & Rosfiani, O. (2022, October). Kolerasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tangerang Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Farooq, M. S., Chaudhry, A. H., Shafiq, M., & Berhanu, G. (2011). Factors affecting students’ quality of academic performance: A case of secondary school level. Journal of quality and technology management, 7(2), 1-14.
Hastuti, F. D., Subekti, E. E., & Damayani, A. T. (2020, July). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gunungjati Banjarnegara. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).
Hidayah, N. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri Sekecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. JURNAL SOCIUS, 6(1).
Hobol, P, & Wahyu Kurniawati, U. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas PGRI Yogyakarta.
Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853-862.
Khan, R. M. A., Iqbal, N., & Tasneem, S. (2015). The Influence of Parents Educational Level on Secondary School Students Academic Achievements in District Rajanpur. Journal of education and Practice, 6(16), 76-79.
Komari, P. N. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Vol 1 (2). Hal. 80-83.
Labibah, A. N. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Keluarga Miskin). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental.
Mujahiduddin, N. M. (2019). Hubungan Lingkungan Sosial Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik. Phinisi Integration Review, 2(2), 303-311.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.
Nugroho, K. W., & Sri Hartini, S. H. (2021). Kontribusi Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Karangasem (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurizzati, S. (2023). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 119-129.
Pratiwi, R., & Fitri, I. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Karakter Anak Usia Dini Desa Lubuk Karet Ke. Betung Kab. Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1273-1278.
Prayitno, Y. D. (2021). The Effect of Parents' Education Level on The Learning Achievement of Elementary School Children. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 5, pp. 1648-1653).
Qodir, A. (2017). Teori belajar humanistik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Rahmadana, J., & Ichsan, I. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(2), 72-82.
Rezeki, U. S., Ristina, H., & Yohana, K. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Desa Lumban Silintong. JURNAL CURERE, 7(2), 155-162.
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 143-146.
Salim, N. F. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Lanraki I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Salma, A. N., & Mufidah, N. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Tirtomoyo. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 2(2).
Sinaga, J. D. (2018). Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 43-54.
Sirwanti, S., Nursyam, A., & Ningsi, E. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2).
Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 10-17.
Sunain. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 160-176.
Supirman, S. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada SMP Negeri 7 Dumai Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 115-123.
Widya, N. W. E. S. D., & Widya, S. H. W. S. D. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Enam Sekolah Dasar Bodhisatta Tangerang.
Yunika, Y., & Zulfan, Z. (2018). Effect Of Education Levels Of Parents On Learning Achievement Of Children In (Study On Outstanding Child In SMAN 3 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v6i2.5373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Silvia Ariyani, Heru Purnomo, Beny Dwi Lukitoaji
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats