STRATEGI GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING BERBASIS SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI 1 PRINGKUKU
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amrina, Aprison, W., Sesmiarni, Z., Iswantir, & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803-6812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130
Ardhani, K., Tisngati, U., & Sugiyono, S. (2024). Kesiapan dan Hambatan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Other thesis, STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1534/
Ardhyantama, V., Wibowo, T. A., & Aristya, F. (2022). Peran Warga Sekolah dalam Penerapan Budaya Sekolah: Studi Kasus di SDN I Temon. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 41–48. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.6
Aziz, A., Wijayanti, C. S., & Wantini. 2022. The Influence of The Role of Teachers in Child-Friendly Schools in Psychosocial Assistance of Elementary School Students in Yogyakarta Indonesia. Annual Conference on Islam, Education and Humanities, 1, 233–244. https://proceedings.uinkhas.ac.id/index.php/proceedings/article/view/36
Cahyani, A. W., & Widodo, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Anti-Bullying di Sekolah Menengah Atas: Pentingnya Pendidikan Anti Bullying di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.7
Cahyasabda, N., Hanung, F., Ni’mah, A., & Yusuf, D. (2023). Mewujudkan Sekolah Anak melalui Supervisi Akademik. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 8(3), 32-39. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/1469
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan Bidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33-41. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Grindulu Pacitan. (2023, September 11). Kasus Bullying Semakin Marak Terjadi di lingkungan Sekolah di Pacitan, Jadi Atensi Khusus Diknas Karena Dinilai Dosa Besar. https://www.grindulufm.co.id/2023/09/kasus-bullying-semakin-marak-terjadi.html
Herianto, E., Jahiban, M., & Dahlan. (2020). Pola Perlindungan Anak dalam Dimensi Sekolah Ramah Anak di Sekolah/Madrasah Kota Mataram. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 6(2), 179-191. http://www.jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/300#
Jawa Pos. (2023, Oktober 09). Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Selama 2023, KPAI Catat 2.355 Kasus yang Terjadi di Indonesia. https://www.jawapos.com/nasional/013058347/kekerasan-terhadap-anak-meningkat-selama-2023-kpai-catat-2355-kasus-yang-terjadi-di-indonesia
Miles, M. B., Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3. London: SAGE Publications Ltd. http://www.theculturelab.umd.edu/uploads/1/4/2/2/14225661/miles-huberman-saldana-designing-matrix-and-network-displays.pdf
Nisa, J., Tisngati, U., & Suryatin, S. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Scholarly Journal of Elementary School, 3(01), 28–35. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.1.5
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Prihatin, N. Y., Ismail, F., Pratama, I. P., Zulhijra, & Syarnubi. (2023). Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial di Masyarakat. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 899-918. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4.20189
Priyatno, R. W., Tisngati, U., & Hidayat, T. (2024). Pembinaan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 1 Klesem. Other thesis, STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1559/
Putri, R. A., Mukodi, & Tisngati, U. (2024). Strategi Pembinaan Karakter Pelajar Pancasila Berbasis Sekolah Adiwiyata di SD Negeri 2 Purwoasri. Other thesis, STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1554/
Rahayu, P. N., Tisngati, U., & Setyowati, E. (2024). Pola Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 5 di SD Negeri Menadi. Other thesis, STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1553/
Salamah, E. R., Rifayanti, Z. E. T., & Trisnawaty, W. (2024). The Effect of Cooperative Learning Model on Elementary School Students' Learning Motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 18-31. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.11.1.18-31
Salamah, E. R., Rifayanti, Z. E. T., Trisnawaty, W., & Raharja, H. F. (2024). Membangun Budaya Belajar melalui Komunitas Belajar dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Abidumasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 37-43. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5894
Saleh, R. F. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan: Sebuah Telaah Kritis Filosofis-Pedagogis. Collase: Creative of Learning Students Elementary, 3(2), 58-63. https://doi.org/10.22460/collase.v3i2.3655
Setiadi, N., Purwanti., Widiatmoko, A., & Putro, A. A.Y. (2023). Peran Guru Kelas dan Orang Tua pada Sekolah Ramah Anak untuk Mencegah dan Mengatasi Perundungan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1), 16-26. https://doi.org/10.30738/tc.v7i01.13971
Silvia, E. D. E. & Tirtoni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Visipena, 13(2), 130-144. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i2.2230
SIMFONI-PPA. (2023). Data Kasus Kekerasan Tahun 2023. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Sukmawati, R. & Aliyyah, R. R. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar. Jurnal Karimah Tauhid, 2(6), 2870-2890. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11618
Sutami, B., Setyawam, D., & Fithriana, N. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Batu. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1695.
Wahyuni, H. I., Faradita, M. N., & Syarifurrahman, I. (2023). Paradigma Guru Sekolah Dasar Tentang Edukasi Seksual Sejak Dini Sebagai Implementasi Sekolah Ramah Anak. Jurnal Anterior, 22(2), 88-93. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4713
Wati, E. K., Suyatno, S., & Widodo, W. (2021). Strategi Penerapan Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kasihan Bantul. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 5(1), 18-29. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.15681
Wedyawati, N., Bony, F., & Lusila, P. (2024). Keterampilan Variasi Mengajar Guru Di Kelas IV Sekolah Dasar Nanga Dangkan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 26–34. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.1.3
Yamada, S. & Setyowati, N. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30-43. https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p30-43
Yatminiwati, M. (2019). Manajemen Strategi: Buku Ajar Perkuliahan Bagi Mahasiswa. Lumajang: Widya Gama Press.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v6i2.5724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Argin Nisa Bela Giferani
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats