PENGEMBANGAN KOMIK UNTUK MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 013 TARAKAN

Ratna Mila Sari, Mety Toding Bua, Nindya Adiasti

Abstract


Komik mempunyai peran yang positif untuk mengembangkan kebiasaan membaca siswa. Temuan di SDN 013 Tarakan mengungkapkan guru hanya menggunakan lembar kerja siswa (LKS) atau buku paket untuk membaca. Kurangnya media membaca di sekolah membuat siswa kurang tertarik dalam kegiatan membaca khususnya pada materi fotosintesis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik yang layak untuk dibaca dan melihat respon siswa terhadap komik yang dikembangkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analisis), Desain (Desain), Pengembangan (Pengembangan), Implementasi (Implementasi) dan Evaluasi (Evaluasi). Hasil validasi yang dilakukan kepada ahli desain dan ahli bahasa diperoleh nilai presentase sebesar 80% dengan kategori layak. Sedangkan hasil validasi ahli materi dan ahli praktisi diperoleh nilai presentase sebesar 91,4 %, 96 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi media tersebut, komik yang dikembangkan layak digunakan untuk membaca siswa. Adapun hasil angket respon siswa terhadap media komik yang dikembangkan menunjukkan kategori menarik dengan nilai presentase pada uji coba terbatas sebesar 80,5 % sedangkan untuk uji coba penuh diperoleh nilai presentase sebesar 83,6 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, media komik yang dikembangkan menarik dan membuat kegiatan membaca siswa menjadi seru dan menyenangkan. 

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amanda , N., Refflane , F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 97-104.

Ambarita, R. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344. Bandung: Angkasa.

Branch, R. M. (2009). Intrucional Design : The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran, Perannya sangat penting dalam mencapai tujuan bersama. Yogyakarta: Gava Media.

Daulay , M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma : Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 24-34.

Handayani , P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 396-401. Jurnal Basicedu, 2440-2448.

Lestari, N. D. (2021). Analisis Faktor - faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 5(4), 2611-2616.

Lubis, & Wisuda , S. S. (2020). Media Komik Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5): 156-165.

Lubis, & Wisuda , S. S. (2020). Media Komik Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5): 156-165.

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-anak Di Kampoeng Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 3(1).

Purnama , S. J., & Puri, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasi Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar.

Siskawati, Y., & Ramadan , Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatakan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4, 507-519.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Tresnawati , D., Satria , E., & Adinugraha, Y. (2016). Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 99-105.

Wassid,i. (2004). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdi




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v7i1.6311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ratna Mila Sari



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats