PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) FKIP UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN DI SDN 020 TARAKAN
Abstract
Pengenalan Lingkungan Persekolahan adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa calon guru. Pembelajaran dalam PLP diterapkan dengan mahasiswa praktek langsung di lapangan. Dengan praktek langsung di lapangan mahasiswa akan dapat mengamati dan mempelajari secara langsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dapat mengetahui secara mendalam mengenai proses dalam pendidikan dan kependidikan guna meningkatkan pengetahuan, perilaku, dan kemampuan diri untuk menjadi guru yang professional dan memiliki potensi diri dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tahap observasi, pengumpulan data, dan mendapatkan data. Hasil penelitian ini mahasiswa dapat mengamati dan merasakan langsung berbagai macam proses dalam pendidikan dan kependidikan pada SDN 020 Tarakan serta berhasil memperoleh informasi sekolah sesuai dengan pedoman pelaksanaan.
Full Text:
PDFReferences
Asrial, Syahrial, Hariyanto, I. S. W., Ali, R. M.,Setiono, P., Budiono, H.,. Ewigia, W. A.(2018). Buku Panduan Pengenalan Lapan gan Persekolahan (PLP) (FKIP Universitas). Jambi.
Hidayat, R. K., Makhrus, M., & Darmawan, M. I. (2021). Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Mataram Bidang Studi Pendidikan Fisika di MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.115
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353
Putu Cahyani, N. L. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (Plp ) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pada Fkip Universitas Mahadewa Indonesia Tahun 2020. Widyadari, 22(2), 677–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576032
Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129
Rizky, M. (2023). Eksplorasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Budaya Dan Pendidikan, 30(4), 200–215. Sadikin & Siburian. (2019). Analisis
Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Fkip. Bioeduscience, 03(2), 1–10.
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian
Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Sari, L. (2021). Integrasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah.
Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 34–48.
Sumarsih, E. (2020). Alat Musik Tradisional Rinding: Identitas Budaya Timor. Ilmu Budaya, 15(2), 67-80.
Susanti, S., Sjuchro, D. W., Ilmu, F., & Universitas, K. (2019). JIPSi. IX(2).
Usman, A. A., & Maruf, M. (2017). ‘Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Program Praktek Lapangan II
Mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate’ Journal of Physics
Education, 1(2), 109–120.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdasborneo.v5i2.6447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Retno Agita Mentari
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats