Editorial Policies

Focus and Scope

META (Mathematic Education and Aplication Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Fokus META terletak pada hasil penelitian pada bidang pendidikan matematika dan/atau aplikasinya. 

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam META ini adalah sebagai berikut:

1. Belajar dan Pembelajaran Matematika

2. Pengajaran Matematika

3. Pengembangan Kurikulum Matematika

4. Pendidikan Guru Matematika

5. Teknologi Pendidikan Matematika

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Mathematic Education and Aplication Journal (META) adalah jurnal elektronik yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Univesitas Borneo Tarakan. Setiap naskah yang di-submit akan menjalani proses review. Naskah yang yang telah di submit pertama kali ditinjau oleh editor, dievaluasi oleh dewan editor terkait format penulisan, apakah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup META, ketepatan metodologi dan cek plagiasi (plagiarism).

Kemudian Editor mengirimkan naskah setidaknya kepada dua reviewer anonim, identitas penulis tidak akan diketahui�reviewer�dan sebaliknya (double-blind review). Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan naskah ditinjau dari kontribusi, orisinalitas, relevansi, dan penyajian penulisan. Komentar reviewer oleh editor bagian kemudian dikirimkan ke penulis untuk perbaikan dan tindakan berikutnya. Editor akan memberitahu penulis tentang hasil review sesegera mungkin, kurang lebih dalam 6 hingga 8 minggu. Kemudian hasil perbaikan akan ditinjau kembali oleh editor bagian, untuk melihat kesesuaian komentar reviewer dengan hasil perbaikan, dan editor bagian juga memungkinkan untuk memberi tinjauan kembali terhadap naskah perbaikan jika dianggap perlu. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar Reviewer.

Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online (unduh gratis) mengikuti proses peer-review jurnal. Pendeteksian plagiarisme artikel dalam jurnal ini dilakukan dengan menggunakan turnitin atau plagiarism checkerX (Pemeriksa Web). Penulis harus menggunakan Mendeley sebagai alat manajer referensi. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

 

 

 

Publication Frequency

Jurnal Meta terbit pada bulan Juli dan Desember

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya mempublikasikan hasil riset secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.