PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GAME EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Herlina Herlina, Nurmala R

Abstract


Abstract

This research is a development research that aims to produce instructional media to know the qualityof game edutainment to improve the mathematics learning motivation ofstudent’s class IX SMPN 5 Tarakan based on expert validation and field testing. The development of this instructional media used the development model adopted from Thiagarajaran’s 4D  which consists of 4 stages include the define, design, development and disseminate. The result of the analysis showed that the game edutainment developed was based validation from three validators after averaging was obtained valid criteria with 76,83% which it is valid to be used. The result of the analysis from student in field testing was obtained very practical criteria with 83,31%. Then, the result of the analysis of student motivation in the field testing was obtained  effective criteria with 78,57%  so that the developed media can be said of quality to improve the mathematics learning motivation of student’s class IX SMPN 5 Tarakan.

 

Keywords: Development, Media, Game Edutainment

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game edutainment yang berkualitas untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 5 Tarakan berdasarkan hasil validasi ahli dan uji lapangan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model Thiagarajan yaitu 4D yang terdiri atas 4 tahap yang meliputi tahap define, design, development dan disseminate. Hasil analisis menunjukkan bahwa game edutainment yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ketiga validator setelah dirata-ratakan diperoleh persentase kevalidan media sebesar 76,83% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil analisis respon siswa pada uji lapangan diperoleh persentase 85,31% dengan kriteria sangat praktis. Kemudian hasil analisis motivasi siswa pada uji lapangan diperoleh persentase 78,57% dengan kriteria efektif sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 5 Tarakan.

Kata Kunci: Pengembangan,Media, GameEdutainment

References


Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ariska, Maiata Devi, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Berbasis Metakognis iuntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edumatica Vol 8 No. 1, (hal 83-97). aksesdarihttps://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/download/4622/3451

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Hamid, M. Sholeh. 2013. Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Hastuti, Nuraida Lutfi, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment Berupa Android Mobile Game untuk Siswa SMP Kelas VII pada Materi Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6 No. 2 (hal: 67-75) di aksesdari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/view/5983

Nuryadi dan ZulfaHanani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Pokok Bahasan Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA. Journal of Mathematics Education AlphaMath. Vol.3 No.1 (hal 12-22) di aksesdari

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/1928/1557

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung :Alfabeta.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Thiagarajan, S., Semmel, D., &Semmel, M. 1974. Instructional Development For Training Teacher and Exceptional Children a Sourcebook. Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v1i2.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mathematic Education and Aplication Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.