PROFIL TINGKAT KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 MATARAM PADA MATERI PLSV

Eka Kurniawan

Abstract


Abstrak

Berdasakan tujuan dari penelitian yang dilakukan, maka penelitian ini dapat digolongkan penelitian deskriptif  kualitatif yang berupaya untuk mengetahui bagaimana profil kemampuan siswa dalam  memecahan masalah berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Labuapi yang berlokasi di Kecamatan Labuapi kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil dari penelitin ini adalah profil siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi berdasarkan tahapan-tahapan Polya adalah dalam tahap  memahami masalah berkatagori sangat baik, dalam  tahapan  menyusun  rencana  berkatagori baik, dalam tahap melaksanakan rencana berkatagori baik, dan dalam tahap memeriksa kembali berkatagori baik. Profil siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah berdasarkan tahapan-tahapan Polya adalah dalam tahap  memahami masalah berkatagori sangat baik, dalam tahapan menyusun  reencana berkatagori cukup baik, dalam tahap melaksanakan rencana berkatagori kurang baik, dan dalam tahap memeriksa kembali berkatagori kurang baik

Kata kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemecahan Masalah Polya, PLSV

 

Abstract

Based on the purpose of the research carried out, so it can be classified as a qualitative descriptive study to find out how to profile students' abilities in solving problems based on Polya's steps. This research has been carried out at SMPN 2 Mataram, located in Labuapi District, West Lombok Regency, West Nusa Tenggara Province. The results of this research are the profile of students who have high problem solving abilities based on Polya's stages is in the stage of understanding the categorical problems very well, in the stages of compiling a good category plan, in the stage of implementing a good category plan, and in the stage of checking back the good category. The profile of students who have low problem solving abilities based on Polya's stages is in the stage of understanding the category of categorical problems very well, in the stages of preparing the category categorization plan quite well, in the stage of implementing the category category plan is not good, and in the stage of re-checking the category category is not good enough

 

Keywords: Problem Solving Ability, Polya Problem Solving, PLSV

References


DAFTAR PUSTAKA

Alacaci, C., & Doğruel, M. (2010). Solving A Stability Problem By Polya’s Four Steps. International Journal Of Electronics, Mechanical And Mechatronics Engineering. Volume 1. Number.1 pp.(19-28).

Baroody, A.J. (1993). ProblemSolving, Reasoning, And Communication, K-8 (Helping Children Think Mathematically). New York: Macmillan Publishing Company.

Branca,N.A. (1980). Problem Solving As A Goal. Procecs and Basic Skill. Dalam S. Krulik & R.E Reys (ed). Problem Solving in School Mathematics. Virginia: NCTM Inc.

Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta :Depdiknas.

(NCTM) National Council of Teachers of Mathematics .(2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Orton,A. (1992).Learning Mathematics :Issue, Theory, And Classroom Practice. New York.

Polya,G. (2004). How to Solve it. A new aspect of matematicalmethod. Princeten and Oxford: Princten University Press.

Purnomo, E. A.& Venissa D. M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 24-31. Diakses pada 3 september 2016 (http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/1042)

Sa’dijah, C. (2013). Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran

Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir

Kretif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2): 222-227.

Shadiq Fadjar. (2004).Penalaran, Pemecahan Masalah, Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Vendiagrys, Lia, Iwan Junaedi, & Masrukan. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 4(1): 34-41. Diakses pada tanggal 4 september 2016 (file:///C:/Users/MIX%20computer/Downloads/6905-14386-1-PB%20(4).pdf)

Zhu, Zheng. (2007). Gender Difference In Mathematical Problem Solving Patterns. International Education Journal. 8(2): 187-203. Diakses pada tanggal 30 agustus 2016 (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ834219.pdf)




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v1i2.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mathematic Education and Aplication Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.