PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI: PERSEPSI SISWA SMA

Ulfa Lu’luilmaknun, Nilza Humaira Salsabila, Junaidi Junaidi, Nourma Pramestie Wulandari, Ratih Ayu Apsari

Abstract


Abstract

The aim of this study is to determine the perceptions of high school students about the use of technology-based mathematics learning media. The subjects in this study were 108 high school students. Data collection was carried out using a questionnaire for students' perceptions of technology-based learning media. Data analysis in this study used descriptive statistical analysis with qualitative methods. The results showed that 21% of students more often used technology to learn mathematics, 63% of students more often used smartphones to study mathematics, and 40% of students more often used learning videos to study mathematics.

Keywords:Mathematics Learning Media, Technology, Student Perceptions

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa SMA terhadap penggunaan media pembelajaran matematika berbasis teknologi. Subjek dalam penelitian ini adalah 108 siswa SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis teknologi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21% siswa lebih sering memanfaatkan teknologi untuk belajar matematika, 63% siswa lebih sering menggunakan smartphone untuk belajar matematika, dan 40% siswa lebih sering menggunakan video pembelajaran untuk belajar matematika.

Kata kunci:Media Pembelajaran Matematika, Teknologi, Persepsi Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan e-comic matematika berbasis teknologi sebagai suplemen pembelajaran pada aplikasi fungsi kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130.

Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri siswa SMA kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 253–260.

Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan multimedia berbasis komputer untuk pembelajaran matematika bagi siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49–63.

Cambridge Assessment International Education. (2018). Indonesian students among the world’s highest users of technology, (https://www.cambridgeinternational.org/news/news-details/view/indonesian-students-among-the-worlds-highest-users-of-technology-27-nov2018/), diakses 2 Januari 2020.

Casnan, Mahpudin, A., & Puadi, E. F. W. (2018). Penerapan permainan interaktif Geocaching untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sebagai inovasi baru pembelajaran matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 53–60.

Febriyanti, R. (2016). Penerapan media Microsoft Power Point dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun ruang dimensi tiga pada siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2016, 137–142.

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. M. (2018). Pengembangan JIMATH sebagai multimedia pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa sekolah menengah atas. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 274–288.

Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash 8 dengan pendekatan kontekstual pada materi program linier kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, & Herawaty, D. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui media Youtube dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (JPMR), 04(01), 96–106.

Rohendi, D. (2012). Developing e-learning based on animation content for improving mathematical connection abilities in high school students. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 9(4), 1–5.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Suwarno, M. (2017). Potensi youtube sebagai sumber belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mailing Address :

Mathematic Education and Aplication Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558