MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SMP NEGERI 5 TARAKAN

Supardji Supardji

Abstract


Abstract

This study aims to improve activities and mathematics learning outcomes using the Realistic Mathematics Educations (RME) learning model. The research was conducted in 3 cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, reflection stages. While the learning approach in this study uses the Realistic Mathematics Educations (RME) learning model. The criteria for the success of this action research, the writer determines as follows: Students are declared successful in the learning that researchers do if: (1) The test score reaches ≥ 75 (KKM = 75), (2) The affective value of the observations on the learning process reaches ≥ 13. From the results of the study, it is illustrated that students get a written test score of ≥ 75 in cycle I as many as 19 students (59.38%), cycle II as many as 27 students (84.38%) and cycle III as many as 30 students (93.75%). From the observation results, it was found that there was an increase in student activity in learning, namely in the first cycle, 12 students (37.50%) who were active and very active, 21 students (65.63%) in cycle II and 25 students (78.13%) in the third cycle. ). Thus learning the curved side of the building material with the application of the Realistic Mathematics Educations (RME) learning model can improve learning outcomes of students at SMP Negeri 5 Tarakan by increasing learning outcomes from cycle I to cycle III, the results are significantly increased, in other words, children with learning difficulties. decreases, whereas from the results of observations obtained by increased activity, students are actively involved in the learning process and are able to spur students to learn to construct their own subject matter being studied and when experiencing difficulties students are assisted by their group friends who first understand the material being studied and if in a group no one can solve the difficulties faced directly ask the teacher.

Keywords: Build curved side spaces, Realistics Mathematic Education (RME)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Educations( RME). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Sedangkan pendekatan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Educations (RME). Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini penulis tentukan sebagai berikut: Siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran yang peneliti lakukan jika: (1) Nilai hasil test mencapai ≥ 75  (KKM=75), (2) Nilai afektif dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran mencapai ≥ 13.Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, siswa memperoleh  nilai hasil tes tulis ≥ 75 pada siklus I sebanyak 19 siswa (59,38%), siklus II sebanyak27 siswa (84,38%) dan siklus III sebanyak 30 siswa (93,75%). Dari hasil observasi diperoleh gambaran adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I, siswa yang aktif dan sangat aktifsebanyak 12 siswa (37.50%), siklus II sebanyak21 siswa (65,63%) dan siklus III sebanyak 25 siswa (78,13%). Dengan demikian pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung dengan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Educations (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Tarakan dengan meningkatnya hasil belajar dari siklus I sampai dengan siklus III hasilnya meningkat secara signifikan dengan kata lain anak yang mengalami kesulitan belajar berkurang, sedangkan dari hasil observasi yang diperoleh peningkatan aktivitas, siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta mampu memacu siswa untuk belajar mengkonstruksi sendiri materi pelajaran yang sedang dipelajari dan bila mengalami kesulitan siswa dibantu teman sekelompoknya yang terlebih dahulu memahami materi yang dipelajari dan bila dalam suatu kelompok tidak ada yang bisa menyelesaikan kesulitan yang dihadapi langsung bertanya pada guru.

Kata kunci: Bangun ruang sisi lengkung, Realistics Mathematic Education (RME)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. Suhardjono & Supardi. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chinta, P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-6 SMP Negeri Pekan Baru. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.

Danoebroto, S.W. (2006). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IX SMP Pamungkas Melalui Pembelajaran Realistik. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Bandung: Multi Presindo.

Moleong, L. J. (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdaykarya, Bandung

Nurhadi, Y. B. dan Senduk, A.G. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK.Malang: Penerbit UM.

Nurjannah, W. E. (2011). Realistic Mathematics Education Sebagai pendekatan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada ruang Dimensi tiga pada siswa kelas X.4 Semester Genap MAN Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011. Surakarta: FKIP UMS Surakarta.

Poerwadarminta, W.J.S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Richard Anderson dalam Nana Sujana. (1989). Dasar-dasar Proses Pengajaran.

Romadlon, S. (2013). Model Realistic Mathematics Educations (RME) dengan Pendekatan Problem Posing pada Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa pokok bahasan Kubus dan Balok kelas VIII SMP Negri 2 Tanggungharjo Grobogan Jawa Tengah. Semarang: FKIP UNS Semarang.

Shadiq, F. dan Tamimuddin, M. (2015).Karakteristik Siswa dan Teori Belajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Rajawali Pers. Jakarta

Suprayekti. (2003). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Trisnawati dan Susanti, D. (2013). Penerapan Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) di SMP Negeri 1 Muntilan Jawa Tengah. Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mathematic Education and Aplication Journal (META)



 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.