PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS XI TATA BOGA 1 SMK NEGERI 1 TARAKAN

Septien Andhika Matsubara

Abstract


Abstract

The low results of learning mathematics on the opportunity subject in XI Tata Boga 1 at SMKN 1 Tarakan as the basic of the research. This study aims to improve student learning outcomes using the Problem Based Learning model on the material opportunities in Class XI Tata Boga 1 at SMKN1 Tarakan.  This research is a classroom action research conducted in 2 cycles, where the cycle stages consist of 1) planning, 2) implementation, 3) observation, 4) reflection.  Data collection techniques using tests and observations.  The instrument used in the form of a final test of learning to determine the increase in learning outcomes and teacher and student observation sheets to determine activities during the learning process.  Data analysis used the average value and classical learning completeness.  The results showed that (1) the learning outcomes of the first cycle of meeting 1 were 40.65%, meeting 2 was 46.9% and meeting 3 there was 53.12% who achieved learning completeness, in cycle II students' learning completeness at meeting 1 reached  62.5%, meeting 2 was 75% and meeting 3 there was 87.5% who achieved mastery learning.It can be concluded that the problem-based learning model can improve mathematics learning outcomes on the opportunity material for class XI Tata Boga I SMKN I Tarakan.

 

Keywords: Problem Based Learning, Improving of the Study Result, Oppotunity Subject.

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika pada materi peluangdi Kelas XI Tata Boga 1 SMKN 1 Tarakan menjadi dasar penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada materi Peluang di Kelas XI Tata Boga 1 SMKN 1 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tahapan siklus terdiri dari 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan,3) pengamatan, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir pembelajaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan lembar observasi guru dan peserta didik untuk mengetahui aktivitas selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siklus I pertemuan 1 terdapat 40,65%, pertemuan 2 terdapat 46,9% dan pertemuan 3 terdapat 53,12%  yang mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 62,5%, pertemuan 2 terdapat 75% dan pertemuan 3 terdapat 87,5% yang mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajarmatematika pada materi peluang siswa kelas XI Tata Boga 1 SMKN 1 Tarakan

 

Kata kunci: Problem Based Learning,Peningkatan Hasil Belajar, Materi Peluang


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jihad., Asep., & Haris, A. (2012). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Katiasri. (2014). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Learning) Pada Materi Peluang Kejadian Sederhana Di Kelas IX SMP Negeri 3 Tulungagung. (Penelitian Tindakan Kelas)

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mathematic Education and Aplication Journal (META)



 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.