ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XII MIA SMA NEGERI 2 KOLAKA

Marniati Marniati, Nasruddin Nasruddin, Nurhafifah Nurhafifah

Abstract


Abstract

This study aims to describe the mathematical creative thinking ability of class XII MIA students of SMA Negeri 2 Kolaka. This type of research is qualitative descriptive with research subjects consisting of 37 students of class XII MIA SMA Negeri 2 Kolaka. The reserch instrument consisted of a written test in consisting of 3 questions and interviews in which the data were grouped and analized according to the indicators of creative thinking abilities. Based on the results of the students’ mathematical creative thinking ability test results showed thet out of 37 respondents there was 1 respondent with very creative thinking skills, 8 rspondents were creative, 11 respondents were creative enough, 15 respondents were less creative, and 2 respondents were not creative. Based on the results of data analysis, it was obtained: (1) The flexibility indicatoor is 44,46%; (2) Fluency is 44,93%; (3) Originality of 51,69%; (4) Elaboration of 46,12%. The result showed that the average mathematical creative thinking ability of stundents of class XII MIA for all indicators was in the quite creative category with a percentage of 46,12%.

 

Keywords: Creative Thinking

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Kolaka. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tulis yang terdiri dari 3 soal dan wawancara yang selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis sesuai dengan indicator kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menunjukkan dari 37 responden terdapat 1 responden dengan kemampuan berpikir kategori sangat kreatif, 8 responden kategori kreatif, 11 responden kategori cukup kreatif, 15 responden kategori kurang kreatif, dan 2 responden kategori tidak kreatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) Indikator keluwesan yaitu sebesar 44,46%; (2) Kelancaran yaitu sebesar 44,93%; (3) Keaslian sebesar 51,69%; (4) Elaborasi sebesar 46,12%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XII MIA untuk semua indicator berada pada kategori cukup kreatif dengan persentase sebesar 46,12%.

 

Kata kunci: Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Eragamreddy, N. (2013). Teaching creative thinking skills. IJ-ELTS: International Journal of English Language & Translation Studies, 1(2). 124-145.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based introduction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kemmapuan siswa dalam menyelesaiakan soal high order thinking ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Musharafa: Jurnal Pendiidikan Matematika, 6(2), 255-265.

Idrisah, I. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (Quasi eksperimen di SMA Darul Muttaqin Bekasi). Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Maudiarti, S., Suma, A., & Prawiradilaga, D. S. (2015). Buku kerja: Prinsip desain pembelajaran intructional deign principles. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moma, I. (2015). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif untuk siswa smp. Delta-Pi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1). 27-41.

Nasruddin, N., Mashuri, S., & Jahring, J. (2019). Implementation of team assited individualization instructional strategies supported by Geogebra software to improve mathematical problem solving ability. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 16–21.

Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80.

Neolaka, A. & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Nurfitria, A., & Nindiasari, H. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa smp melalui pendekatan open-ended ditinjau dari tahap perkembangan kognitif. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02). 83-96.

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa smp di cimahi. Kreano, 9(1). 47-53.

Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di kabupaten bandung barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). 83-88.

Rasnawati, A., Rahmawati W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smk pada materi sistem persamaan linear dua variabel (spldv) di kota cimahi. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 164-177.

Sari, D. C. (2015). Karakteristik soal TIMSS. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. 303-308.

Setiawan, S. (2012). Meningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (circ). Tesis SPS UPI: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mathematic Education and Aplication Journal (META)



 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.