PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE SISWA PADA LEVEL 1 DAN LEVEL 2

Azwar Anwar, Johan Johan, Natal Lena

Abstract


Abstract

This study aims to determine the description of students' geometric abilities at level 1 and level 2 and the profile of abilities and characteristics of each level 1 and 2 based on van Hiele's theory. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. The population of this research is class VIII SMP N 2 Tarakan. The selection of the research sample was carried out by giving the Van Hiele geometric thinking test level 1 and level 2 to 26 students. Sample selection by random sampling of 1 class. The test used in this research is the Van Hiele geometric thinking test. Each level consists of 10 multiple choice questions using 5 answer choices. For each will be given a score of 1 if correct and given 0 if wrong. Students are declared to have reached a level if they answered correctly at least 6 questions out of 10 items for each level. The data analysis technique in this study is to describe the data to find out how many students have been able to reach each level based on the Van Hiele theory. level 2. Profile at level 1 ability students are familiar with geometric shapes visually. While at level 2 students can identify geometric shapes based on their properties.

Keywords: geometry, van hiele, level 1, level 2

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripasi tentang kemampuan geometri siswa pada level 1 dan level 2 dan profil kemampuan serta karaktersitik dari setiap level 1 dan 2 berdasarkan teori van Hiele.  Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Tarakan. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan pemberian tes berpikir geometri Van Hiele level 1 dan level 2 kepada 26 siswa. Pemilihan sampel dengan random sampling terhadap 1 kelas. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir geometri Van Hiele. Masing-masing level terdiri dari 10 soal pilihan ganda menggunakan 5 pilihan jawaban. Untuk setiap akan diberikan skor 1 jika benar dan diberikan 0 jika salah. Siswa dinyatakan mencapai suatu level jika menjawab benar minimal 6 soal dari 10 butir soal tiap levelnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskripsi data. Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan data deskripsi menunjukkan bahwa siswa sudah mencapai 73,07% pada level 1 dan 46,15% pada level 2. Profil pada kemampuan level 1 siswa sudah mengenal bangun-bangun geometri secara visual. Sedangkan pada level 2 siswa dapat mengidentifikasi bangun-bangun geometri berdasarkan sifat-sifatnya.

Kata kunci: geometri, van hiele, level 1, level 2

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah, Vol. 11(1), 1-13.

Aini, Z., Maidiyah, E., & Hidayat, M. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa berdasarkan Teori van Hiele pada Materi Segiempat Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 75–82.

Akalili, I. A., Sunardi, Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Yudianto, E. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Level Van Hiele. Kadikma, 11(3), 40–45.

Armah, R. B., & Kissi, P. S. (2019). Use of the van hiele theory in investigating teaching strategies used by college of education geometry tutors. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(4), 1–13.

Asis, M., Alimuddin, & Arsyad, N. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 78–87.

Ayuningrum, D. (20170. Strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari tingkat berpikir geometri van Hiele. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 27-34.

Baeti, N., & Murtalib. (2018). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Di MTS Muhammadiyah 1 Malang. Supermat Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 39–50.

Budiarti & Mahendra (2020). Analisis Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Teori Van Hiele Dan Gender. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 28-37

Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (1986). Characterizing the van Hiele levels of development in geometry. Journal for research in mathematics education, 17(1), 31-48.

Falupi, D. V., & Widadah, S. (2016). Profil Berpikir Geometris pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4(1), 1–8.

Hock, T. T., Tarmizi, R. A., Yunus, A. S. M., & Ayub, A. F. (2015). Understanding the Primary School Students’ van Hiele Levels of Geometry Thinking in Learning Shapes and Spaces: A Q-methodology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(4), 793–802.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T.N. H. 2014. Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Ambarawa Berdasarkan Teori Van Hiele. Satya Widya, Vol. 30 (2), 96-103.

Machisi, E., & Feza, N. N. (2021). Van Hiele Theory-Based Instruction and Grade 11 Students’ Geometric Proof Competencies. Contemporary Mathematics and Science Education, 2(1), 1–6.

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54-66.

Mukharomah, U. L., Hobri, & Setiawani, S. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat. Kadikma, 8(3), 48–57.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103-116.

Putri, Ardhya, L., & Nopriana, T. (2019). Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, 1, 156–165.

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. The University of Chicago.

Widiyaningsih, E., Zaenuri, & Dwijanto. (2020). Problem-Solving Ability and Self-Efficacy Based On Geometry Thinking Level in Van Hiele Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 163–169. 4004

Wiryawan, I. M. S., Sukayasa, & Awuy, E. (2015). Profil Tahap Berpikir van Hiele Siswa SMP Negeri 1 Balinggi dalam Belajar Segitiga dan Segiempat, Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 3(1), 102–113.

Wiska, S., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2020). Teacher and Students Response to Learning Devices Based on van Hiele Theory. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v3i2.2399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mathematics Education and Application Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.