IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 TARAKAN DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
The learning process underwent a surprising change, due to the Covid-19 pandemic. The Minister of Education makes a decision to implement online learning. Because learning is carried out online, teachers and students must continue to adjust learning which is usually face-to-face, this is only through virtual. Researchers conducted observations at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan, obtained information that in the implementation of online learning, students were often late for zooming, and sometimes students did not attend learning activities via zoom. Assignments given by the teacher are often late for students to collect. In addition to observations, interviews with mathematics teachers were also conducted, he provided information that the low enthusiasm of students to learn online, students' readiness to learn seemed to be lower than in direct learning. From the problems that appear in the field, the author is interested in conducting a research entitled "Identification of Student Interests in SMP Muhammadiyah 1 Tarakan in Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period". The type of research used in this research is quantitative research. Based on the results of the research carried out, it was concluded that the interest in learning of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan students during Study From Home (BDR) during the COVID-19 Pandemic was in the medium category at 61%, in the high category at 17% and in the low category at 22%.
Keywords : Interest in Learning, Mathematics, Online Learning
Proses pembelajaran mengalami perubahan yang cukup mengejutkan, dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19. Menteri Pendidikan mengambil keputusan untuk dilaksanakannya pembelajaran secara Daring. Karena pembelajaran dilaksanakan secara Daring, maka Guru dan siswa harus tetap menyesuaikan pembelajaran yang biasanya secara tatap muka, ini hanya melalui virtual. Peneliti melaksanakan observasi di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan, diperoleh informasi bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring, siswa sering terlambat mengikuti zoom, bahkan tak jarang siswa tidak hadir dikegiatan pembelajaran melalui zoom. Tugas yang diberikan guru sering terlambat dikumpulkan oleh siswa. Selain observasi, dilakukan juga wawancara dengan guru matematika, beliau memberikan informasi bahwa rendahnya antusiasme belajar siswa secara daring, kesiapan belajar siswa terlihat lebih menurun dibandingkan pembelajaran secara langsung. Dari permasalahn yang tampak dilapangan maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Identifikasi Minat Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19â€. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan selama Belajar Dari Rumah (BDR) di masa Pandemi COVID-19 berada pada kategori sedang yaitu sebesar 61%, kategori tinggi sebesar 17% dan kategori rendah 22%.
Kata kunci: Minat Belajar, Matematika, Pembelajaran DaringFull Text:
PDFReferences
Agung DP. 2005. Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal penelitian pendidikan matematika. 3(2): 18-19
Ahmadi. 2010. Proses pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Asmani, Jamal, MM. 2009. Jurus-jurus Belajar Efektif untuk SMP dan SMA.
Yogyakarta: DIVA Press.
Kurniawan, dkk. 2016. Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta. Pandira
Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Peneltian Kuantitatif.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Rahayu, Setia Widia. 2019. Pemahaman Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Sedang. Jurnal Borneo Saintek, 2 (2), pp. 25-30
DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v3i2.2400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mathematics Education and Application Journal (META)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
Mailing Address :
Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558
Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.