PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Afifa Dwi Handayani, Hermansyah Hermansyah, Dwi Susanti

Abstract


Abstract

 

Online learning of course affects the learning media used. With all the limitations and challenges, the online learning process has not been maximized so that students experience decreased learning motivation. Because the success of the learning process is characterized by high learning motivation. Therefore, this study aims to determine whether there is an influence on students' learning motivation on the Quizizz application. This study took 2 sample classes from class VIII SMP Negeri 7 Tarakan. By analyzing the data using the Paired sample t-Test statistical test, the results of the data significance of 0.000 means that this value is less than 0.05 so that it can be concluded that there is a significant effect of the two classes on students' learning motivation in the Quizizz application.

 

Keywords : Quizizz Application, Learning Motivation

 

 Abstrak

 

Pembelajaran online tentu saja berpengaruh pada media pembelajaran yang digunakan. Dengan segala keterbatasan dan tantangan, proses pembelajaran online belum maksimal sehingga siswa mengalami motivasi belajar yang menurun.  Karena keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan adanya motivasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada aplikasi Quizizz . penelitian ini mengambil 2 kelas sampel dari kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Dengan analisis data menggunakan uji statistik Paired sample t-Test diperoleh hasil signifikansi data sebesar 0,000 artinya nilai ini kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kedua kelas terhadap motivasi belajar siswa pada aplikasi Quizizz.

Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aini, V. N. (2021). Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di Mts N 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3).

Aini, Yulia Isratul. (2019). "Pemanfaatan media pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di bengkulu." . Bengkulu : PTP LPMP Bengkulu

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11-16.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Endriana, N., Wardi, Z., & Najibatussakinah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Geogebra Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education and Aplication Journal (META), 2(2), 18-24.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60.

Hartati, H., Azza Nuzullah, P., & Bony, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA MAN Tanjungpinang (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji). Vol.8.No.2.2021.

Haryati, Intan. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring IPA kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Skripsi. Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1-16.

Rahayu, S. W., (2021). Identifikasi Minat Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Mathematic Education and Aplication Journal, volume 03 no.2, halaman 35-40

Rosiyanti, H., Widyasari, R., Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020). "Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ." Jakarta : Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Vol. 1. No. 1. 2020.

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738-2746.

Satriawan, D., Ruslina Lisda, S. E., & MSi, A. K. (2022). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi media game edukasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. EDUSAINTEK, 3.

Sunardi, D. O. D. I. (2020). Hubungan Meningkatnya Hasil Belajar Siswa SMP dengan Penerapan Media Evaluasi Pembelajaran Inovatif Quizizz. Jurnal Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 94-116.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz†as a Learning Media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347-356.

Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran Terhadap motivasi belajar siswa SMP N 1 lanrisang Kabupaten pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v4i1.2651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mathematic Education And Aplication Journal (META)



 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.