Respons Siswa Terhadap Aplikasi "BANG SIKUNG" Berbasis Android

Febriyani Nursyam, Eka Widyawati, Alfian Mucti

Abstract


Android-based media is one of the newest types of media that utilizes technology in learning. To find out whether the media used is good or not in learning, student responses are needed. Therefore, this study was intended to determine student responses to the "BANG SIKUNG" application. The type of research is descriptive research with a quantitative approach. Student responses came from a sample of 15 students from class IX-7 with a sampling technique using purposive sampling. The instrument used is a questionnaire that has been validated by previous researchers with a total of 17 statements. The analysis was carried out using data categorization techniques. The results showed that the average student response was 92.25 in the "Very Good" category. Thus, the "BANG SIKUNG" application received a positive response from students.

Keywords: Learning Media, Student Response, BANG SIKUNG


Media berbasis android merupakan salah satu jenis media terbaru yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Untuk mengetahui media yang digunakan baik atau tidak dalam pembelajaran, diperlukan respon siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui respon siswa terhadap aplikasi “BANG SIKUNGâ€. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Respon siswa berasal dari sampel sebanyak 15 siswa dari kelas IX-7 dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah divaliditas oleh peneliti sebelumnya dengan jumlah pernyataan sebanyak 17 butir. Analisis dilakukan dengan menggunakan Teknik kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata respon siswa sebesar 92.25 degan kategori “Sangat Baikâ€. Dengan demikian, apliaksi “BANG SIKUNG†memperoleh respon positif dari siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Respon Siswa, BANG SIKUNG


Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64-74.

Artanti, Y., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tepytha Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 50-60.

Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(2), 83-89

Endriana, N., Wardi, Z., & Najibatussakinah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Geogebra Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (Meta), 2(2), 18-24. https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1833

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153-162.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.

Khairiyah, U. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi Kpk Dan Fpb Pada Siswa Kelas Iv Di Sd/Mi Lamongan. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197-204.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa Smp Berbasis Android. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43-52.

Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respons Siswa Terhadap Komik Matematika Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 01-07.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2020). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Komik Pada Materi Ekologi Di Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).

Lu’luilmaknun, U., Salsabila, N. H., Junaidi, J., Wulandari, N. P., & Apsari, R. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi: Persepsi Siswa Sma. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 2(1), 1-7.https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1629

Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3).

Yusmin, E (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).

Zainuddin, R. (2020). Respon Siswa MAN Paser Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Geografi. Pangea: Wahana Informasi Pengembangan Profesi Dan Ilmu Geografi, 2(1), 120-128.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v4i1.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mathematics Education And Application Journal (META)



 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.