SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: APAKAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MAMPU MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS?

Noorin Nisdawati, Rhomiy Handican

Abstract


Siswa dengan kemampuan memecahkan soal matematis rendah akan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal dalam bentuk ceritaa dan akan kesulitan untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode Systematik Literature Review (SLR) pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data yang bersumber dari Artikel yang terkait mengenai pengaruh model PBL terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis siswa. Penulisan menggunakan 15 artikel jurnal yang diperoleh dari data base Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, X(1996), 579–585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Damiyanti, Yuniar, and Luvy Sylviana Zhanty. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Pada Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Dengan Pendekatan Problem Based Learning. no. 03, 2019, pp. 147–54.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Diasti, Kermi. “Jurnal Pendidikan Islam.†Manusia Dalam Prespektif Agama Islam, vol. 1, no. maret, 2021, pp. 151–62.

Elita, Geni Sri, et al. “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 3, 2019, pp. 447–58, https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517.

Harisantoso, John, et al. “Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.†Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 73–82, https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537.

Julita, Julita. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based-Learning.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, 2018, pp. 143–54, https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.350.

Lintang, Anggit Cahya, and Sri Wardani. “PBL Dengan APM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Percaya Diri.†Journal of Primary Education, vol. 6, no. 1, 2017, pp. 27–34.

Nazaretha, Riosanddy, et al. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Video Pada Materi Spldv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 5, no. 3, 2022, pp. 669–80, https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.669-680.

Oktaviana, Dwi, and Rahman Haryadi. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 4, 2020, p. 1076, https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069.

Siagian, M. D., Matematika, P., & Pendahuluan, A. (2017). Issn 2086-4205. VII(2), 61–73.

Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:jfDgJQUQWmcJ:scholar.google.com/+Peningkatan+Kemampuan+Pemecahan+Masalah+Matematis+Siswa+melalui+Pembelajaran+Berbasis+Masalah&hl=id&as_sdt=0,5

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Supraptinah, Umi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.†Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, vol. 2, no. 2, 2019, p. 13, https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Yustinaningrum, Bettri, et al. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.†UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 1, 2022, pp. 15–26, https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080.

Tina Sri Sumartini. “ Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa Melalui Pembelajaran Bebasis Masalahâ€. Mosharafa, Volume 5 Nomor 2, mei 2016




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mathematic Education And Aplication Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.