CREATIVE PROBLEM SOLVING: APAKAH EFEKTIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK?

Nursyam Nursyam, Herna Herna, Aprisal Aprisal

Abstract


Abstract

This study aims to describe enhancement mathematical problem solving ability of students by applying creative problem solving learning. This study is classroom action research which consists of 2 cycles by adopting the scheme from Kemmis and Taggar. This study was carried out at SMP Negeri SATAP Tandasura. The instruments used to collect data consisted of problem solving ability tests, student response questionnairy, and learning observation sheet. The study results showed that creative problem solving learning can increase students' mathematical problem solving ability based on predetermined success indicators.

Keywords: creative problem solving, problem solving ability, classroom action research

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 Siklus dengan mengadopsi skema dari Kemmis dan Taggar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri SATAP Tandasura. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik meningkat berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan setelah pembelajaran creative problem solving diterapkan.

Kata kunci: Creative problem solving, pemecahan masalah, PTK

 


Full Text:

PDF

References


Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMPN 9 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 774-780).

Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Erfawan, E., & Nurhayati, S. (2015). Keefektifan Model Creative Problem Solving Berbantuan Buku Saku pada Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 4(1), 16-22.

Ferryansyah., &, Chandra, L. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Linear pada Pembelajaran Daring Universitas Borneo Tarakan. Mathematic Education and Aplication Journal, 3(2), 9-16.

Freudenthal, H. (2002). Revisiting Mathematics Education: China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Haryanto, H., & Alamsyah, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Creative Problem Solving pada Peserta didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Epsilon, 1(1), 27-33.

Herutomo, R. A., & Masrianingsih. (2019). Pembelajaran Model Creative Problem Solving Untuk Mendukung Higher Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188-199.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isaksen, S. G., & Aerts, W. S. (2011). Linking Problem-Solving Style and Creative Organizational Climate: An Exploratory Interactionist Study. The International Journal of Creativity & Problem Solving, 21(2), 7–38.

Isaksen, S. G., Dorval, K. B., & Treffinger, D. J. (2011). Creative Approaches to Problem Solving: A Framework For Innovation And Change (3rd Ed.). Sage Publications, Inc

Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, 14(2).

Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Concept Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.

Muhammad, G., M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Jurnal Mosharafa, 7(3), 315-325

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2009). Fokus in High School Mathematics: Reasoning and Sense Making. Reston, VA: NCTM.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Nisdawati, N. & Handican, R. (2023). Systematic Literature Review: Apakah model Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis?. Mathematic Education and Aplication Journal, 4 (2), 88-97.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168-179.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331-340.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : The Cultural Aspects of Mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4, 32–54.

Suherman, E dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66-81.

Sulistyowati, Y., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP Dengan Pendekatan Creative Problem Solving. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 219-232

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 01-13.

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191-205

Winarni, E. S & Harmini (2015). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v5i1.4362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aprisal Aprisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.