PENGEMBANGAN MEDIA ACROSS SMART PADA MATERI BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN 2 YOGYAKARTA

Hengkang Bara Saputro, Vera Fadhela Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media Across Smart matematika dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Across Smart matematika materi bilangan bulat untuk siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model borg and gall. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di SD N Muhammadiyah Ngupasan 2 Yogyakarta dengan jumlah 23 siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa kritik dan saran ahli materi, ahli evaluasi pembelajaran, guru dan siswa. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasil penilaian ahli, guru dan siswa. Berdasarkan hasil peneitian diperoleh data penilaian dari ahli materi dengan rata-rata nilai 92,7 “sangat layakâ€, penilaian dari ahli pembelajaran rata-rata nilai 92 “sangat layakâ€, penilaian dari ahli bahasa dengan rata-rata nilai 80 “sangat layakâ€, dan penilaian dari ahli media dengan rata-rata nilai 86,2 “sangat layakâ€, kualitas pengembangan media Across smart dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat memperoleh penilaian rata-rata 87,7 dengan kategori “sangat layakâ€, penilaian dari peserta didik dengan rata-rata nilai 90,91 dengan kategori “sangat layakâ€. Penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan media Across Smart dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat untuk siswa kelas IV berkualitas, layak dan efektif untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Agustina, N. (2018). Perkembanan peserta didik. Depublish.

Andani, M., Pranatam O.H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA, 8(2), 404-417.

Anggraeni, S.T., Muryaningsih, S., Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25-37.

Chipangura, A., & Jill, A. (2019). Multimedia: A Means of Improving Stidents’ Engagement In Mathematics Classroom?. International Journal For Mathematics Teaching and Learning, 20(2), 193-211.

Chipangura, A., & Jill, A. (2019). Multimedia: A Means of Improving Stidents’ Engagement In Mathematics Classroom?. International Journal For Mathematics Teaching and Learning, 20(2), 193-211.

Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Interactive Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Penjumlahan Operasi Hitung Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR . 7(4), 32–41

Febriyanto, B., Haryanti, Y.D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 254–261. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10268

Handayani, A. D., Hermansyah, H., & Susanti, D. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.35334/meta.v4i1.2651

Hapsari, T. (2019). Literasi matematika siswa. Euclid, 6(1). 84-93.

Isnaini, S. N., Firman, & Desyandri. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the last two decades of realistic mathematics education approaches. International Journal of Instruction, 15(1), 381–400. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a

Kalimah. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap nilai siswa kelas III pada tema 3 subtema 1 “benda di sekitarku†di SDN 2 Mekarti Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 40-46.

Kurino, Y.D. (2020). Model problem based learning (PBL) pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Eelementaria Edukasia, 3(1), 150-154.

Kustiandi, C., Zianadezdha, A., Fitri, A.K., Farhan, M., & Agustia, N. (2021). Pemanfaatan media visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 291-299.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Pitaloka, D., Wahid, S. M. Al, & Noer, R. Z. (2022). Pemanfaatan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(1), 26–36.

Rahayu, I., Syarifah., & Trimo. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran make a match. Holistika, 4(1), 9-13.

Rifa’I, M. (2018). Manajemen Peserta Didik. Widya Puspita.

Riswari, L. A., Fitriana, V., Syafrudin, I. M., & Purnama, Y. A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Catung untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 74–82. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.686

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Halimah, N. F., Salsabila, Ri. A., & Rohimah, R. (2023). Pengenalan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Journal on Education, 5(2), 2796–2800. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.925

Saputro, H. B. (2023). Pengembangan modul matematika pada materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 37–49. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas10.12928/fundadikdas.v6i1.7826

Saputro, H. B., & Febriani, O. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Modul Digital Interaktif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas IV SDN 2 Klesem. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 130–139. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.219

Sari, D.F., & Fitrianawati, M. (2018). Pengembangan media petualangan matematika (petamatika) pada materi keliling dan luas bangun datar untuk kelas IV sekolah dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 79-89.

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Developmentâ€. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, N.L.G., Suarjana, I.M., & Wibawa, C. (2022). Pengembangan media website berbasis google sites pada materi statistika kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 895-905.

Waskito, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(1), 20–26.

Yanti, N.M.D.T., Jayanta, I.N.L., & Suarjana, I.M. (2020). Pengaruh model pembelajaran course review horay berbantuan media visual terhadap hasil belajar mateamatika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 463-471.

Yasmita, D. (2018). Upaya meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian bilangan dengan menggunakan lembaran latihan terbimbing. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(1), 159-172.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v5i2.4878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 hengkang bara saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.