KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Riska Ramadani, Hermansyah Hermansyah, Ika Noviantari

Abstract


Abstract

Deeper insights are needed on how male and female students interpret, convey, and process mathematical ideas, which is expected that educators will be able to design more inclusive and adaptive learning strategies for students so that research is conducted to determine mathematical communication skills based on gender with a case study on students of SMA Negeri 4 Tarakan in class XI MIPA-1. This study uses a case study approach in a specific context, referring to indicators of mathematical communication skills, namely written text, mathematical expression, and drawing. Participants in the study were selected using a purposive sampling technique, namely the consideration of subject teachers who selected as many as 4 students, consisting of 2 males and 2 females, who had a high-value category in completing daily tasks on linear programming material. The data analysis process consisted of data collection (document analysis and in-depth interviews), data condensation (grouping document analysis data and interviews), data display, and conclusions with triangulation techniques. There are differences in abilities between participants, especially male and female participants. The results of the study showed that there were differences in abilities between participants, especially male and female participants. In one of the male participants, there was an indicator that had not yet been mastered, namely, the mathematical expression and drawing indicators. The mathematical communication skills of male students in the first participant met all indicators of written text, mathematical expression, and drawing. In the second male participant, he only met the written text indicator both orally and in writing. While in the female participants, both met all, namely the written text and mathematical expression indicators, and drawing. However, the female participants were still developing in the drawing indicator. The implication of these differences in abilities in learning is that teachers need strategies/approaches in learning that emphasize drawing/visual and symbolic so that mathematical communication skills can develop in a balanced manner based on their indicators.

Keywords: mathematical communication, gender, case study

 

Abstrak

Wawasan yang lebih mendalam diperlukan tentang bagaimana siswa laki-laki dan perempuan menginterpretasikan, menyampaikan, dan memproses ide matematis, yang harapannya pendidik akan mampu merancang strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif untuk siswa sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis berdasarkan jenis kelamin dengan studi kasus pada siswa SMA Negeri 4 Tarakan pada kelas XI MIPA-1. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dalam konteks tertentu, yaitu mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu written text/menulis, mathematical expression/ekspresi matematika, dan drawing/menggambar. Partisipan dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pertimbangan guru bidang studi yang dipilih sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan yang memiliki kategori nilai tinggi dalam menyelesaikan tugas harian pada materi program linier. Proses analisis data terdiri dari pengumpulan data (analisis dokumen, dan wawancara mendalam), kondensasi data (pengelompokan data analisis dokumen dan wawancara), data display, dan kesimpulan dengan triangulasi teknik. ada perbedaan kemampuan antar partisipan, khususnya partisipan laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan antar partisipan, khususnya partisipan laki-laki dan perempuan. Pada salah satu partisipan laki-laki ada indikator yang masih belum dikuasai yaitu pada indikator expression/ekspresi matematika dan drawing/menggambar. Kemampuan komunikasi matematis  siswa laki-laki pada partisipan pertama memenuhi semua indikator written text/menulis, mathematical expression/ekspresi matematika dan drawing/menggambar. Sedangkan pada partisipan laki-laki yang kedua hanya memenuhi indikator written text/menulis baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan pada partisipan perempuan keduanya memenuhi semua, yaitu indikator written text/menulis dan mathematical expression/ekspresi Matematika, dan drawing/menggambar. Meskipun pada partisipan perempuan juga masih berkembang dalam indikator drawing/menggambar. Implikasi dari adanya perbedaan kemampuan tersebut dalam pembelajaran adalah guru memerlukan strategi/pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada menggambar/visual serta simbolik agar kemampuan komunikasi matematis dapam berkembang secara imbang berdasarkan indikatornya.

Kata kunci: komunikasi matematis, jenis kelamin, studi kasus


Keywords


Gender differences, mathematical communication skills, qualitative study.

Full Text:

PDF

References


Ariawan, B., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2016). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis edutainment materi program linier di SMK-PP N Kupang. Pada Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta., 261–268.

Arifin, M. Z., & Ardianto, D. (2024). Bagaimana Kemampuan Spasial Matematis Siswa Ditinjau dari Gender:Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(4), 540–545. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–96. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1028

Hasanah, N.Z. & Zakly, D.S. (2021). Pendekatan Integralistik sebagai Media Alternatif Inovasi Pendidikan Islam di Era Milenial. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 02(03), 151-161.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Husna, Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.

Isnaniah, & Imamuddin, M. (2017). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender. 1(2), 13–24.

Jl, K., & Parman, M. S. (2013). Mathematical Communication Skills of Junior Secondary School Students in Coastal Area. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 63(2), 77–83. https://doi.org/10.11113/jt.v63.2014

Nugraha,T.H, & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Pendidikan, K. N. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 13(Ii), 166–173.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 956 1 (2014).

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p873-880

Serli Evidiasari, Subanji, S. I. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Sholikhah, M., Trapsilasiwi, D., Suharto, S., Susanto, S., &Yudianto, E. (2018) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunagrahita Ringan SMALB-C Negeri Jember dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar Menggunakan Alat Peraga Kertas Aljabar. Kadikma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 98-107.https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9781

Sundanah, & Astridewi, S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 2140–2150.

Susanti, D., & Satiti, A. R. (2023). Eksplorasi Kesalahan-Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Berdasarkan Tahapan Kastolan. 5(2), 104–117. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/meta.v5i2

Susanti, E.Y. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Penugasan dengan Lembar Kerja dan Praktek pada Perkembangan Kemampuan Komunikasi Abstrak. Edukatika, 01(01), 11-15.

Untarti, R., & Subekti, F. E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gender Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum SMP. Pythagoras, 5(2), 139–150. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/viewFile/466/350

Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai Dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,4(9), 778–788. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Wiyanda Vera Nurfajriani, Mahendra, A., Ilhami, M. W., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2014). Triangulasi Data dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,10(September), 826–833. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Yoenanto, N. H. (2002). Hubungan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika dengan Tingkat Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Umum. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(4), 63–72.

Yuliani, D., Nurhasanah, N., & Rohaeti, E. E. (2019). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK Di Kabupaten Bandung Barat Pada Materi Program Linear. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4496




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v6i1.5876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Ramadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.