INVENTARISASI SPESIES PADA SUKU POACEAE DI TARAKAN SEBAGAI PANDUAN IDENTIFIKASI

Galuh Utari Hayutiasti, Riska Audina Fitriani, Nurul Setia Ningsih

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuai jenis-jenis Suku Poaceae di Hutan Penelitian Universitas Borneo Tarakan dan untuk mengembangkan hasil penelitan menjadi buku panduan identifikasi. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi sampai pada tahap ke tiga. Hasil penelitian Suku Poaceae telah ditemukan sebanyak 12 Marga yang terdiri dari 15 jenis.  Jenis terbanyak pada marga Erangrotis sebanyak 3 jenis, dan Panicum sebanyak 2 jenis. Sementara, untuk marga yang lainnya hanya ditemukan 1 jenis saja. Hasil penelitian kemudian dikembangkan menjadi buku panduan identifikasi. Hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan persentase masing-masing sebesar 86,3% dan 92,9% dengan kriteria valid.

Kata Kunci:  Poaceae, Panduan Identifikasi


Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M., Yulida, R., Adhani, A., Wijarini, F., & Nugroho, E. D. (2016). Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Genom.

Abrori, R. (2016). Ekplorasi dan karakterisasi bambu (Poaceae-bambusoideae) di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Skripsi. UIN Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang

Backer, C. A., & van den Brink Jr, B. RC (1968).'Flora of Java.'Vol. 3. Groningen: NVP Noordhoff.

Bohari, M., & Wahidah, B. F. (2015). Identifikasi Jenis-Jenis Poaceae di Desa Samata Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. In Prosiding Seminar Biologi. Seminar Mikrobiologi Kesehatan dan LIngkungan. 101-105

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educationnal Research. London : Longman

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fanindi, A., & Prawiradiputra, B. R. (2005). Karakterisasi dan Pemanfaatan Rumput Brachiarian Sp. Dalam: Lokakarya Nasional Tanaman Pakan Ternak, 16, 154-161.

Freedman, Robert (1998). Famine Foods – Poaceae or Graminae (online). https://hort.purdue.edu. Diakses 2 Februari 2019

Freckmann, R. W., & Lelong, M. G. (2002). Nomenclatural changes and innovations in Panicum and Dichanthelium (Poaceae: Paniceae). SIDA, Contributions to Botany, 161-174.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Gilliland, H. B., Bor, N. L., & Holttum, R. E. (1971). Grasses of Malaya (Vol. 3). Botanic Gardens.

Hayne, K. (1987). Tumbuhan Berguna Indonesia (III). Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Departemen Kehutanan.

Kustiwi, W. (2015). Kekerabatan Familia Poaceae Berdasarkan Morfologi Menggunakan Metode Taksimetri Sebagai Sumber Belajar Biologi (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Steenis, C. G. V. 2013. Flora. PT. Balai Pustaka. Jakarta

Sundra, I. K. (2016). Metode dan Teknik Analisis Flora dan Fauna Darat. Universitas Udayana. Denpasar

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Valdés, B., & Scholz, H. (2006). The Euro Med treatment of Gramineae—a generic synopsis and some new names. Willdenowia, 36(2), 657-670.

Yunita, I., & Marli, S. (2017). Korelasi antara Penggunaan Media Gambar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v1i2.1701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Nursia, S.Pd., M.Si
Biology Education Departement
Tarakan Borneo University
Jalan Amal Lama No1
Tarakan, North Kalimantan
 Hp : 081347925303