HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI LINTAS MINAT DI SMA HANG TUAH TARAKAN

Ratna Ratna, Zulfadli Zulfadli, Vlorensius Vlorensius

Abstract


Abstract This research aimed to analyze the relationship of learning independence and laerning motivation with laerning achievement of Grade XI cross-major biology students at SMA Hang Tuah Tarakan. The study was correlation research using a descriptive correlational method with quantitative approach. The research population was 58 students with the samples collected using a total sampling technique. All data were obtained based on the questionnaire score on learning independence, learning motivation, and learning achievement from biology mid-semester test, and the analyzed using Multiple Linear Test of figure out the relationship of learning independence and learning motivation (X) with biology learning achievement (Y). The research result show that there is a relationship of learning independence and learning motivation with biology laerning achievement with the significance value of 0.0009 < 0.005. There was a relationship between learning independence and biology learning achievement with the significance value of 0.0042; and there was a relationship between learning motivation and biology achievement with the significance value of 0.020 < 0.005.

Keywords: Independence, Motivation, Biology learning achievement


Full Text:

PDF

References


Amaral, E. M. D. L. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Ngudi Waluyo).

Amizera, S., & Destiansari, E. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI LINTAS MINAT DENGAN PEMBUATAN MODEL SEL 3D TERHADAP PENCAPAIAN KKM PESERTA DIDIK XI IPS DI SMA LTI IGM PALEMBANG. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 7(1), 37-42.

AFDOAL, A. (2020). HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15-29.

Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 18(01), 8-16.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

SMK, S. K. P. S., & Dewi, Y. F. A. C. (2017). Hubungan antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Studi Kasus pada Siswa SMK 7 Yogyakarta.

Dewi, C. S., Suprapto, P. K., & Badriah, L. (2019). Peranan media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar kognitif siswa lintas minat biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 93-100.

Fikri, F. (2017). Hubungan Antara Motivasi Dan Kemandirian Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gugus Tilomoyo Kabupaten Magelang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Skripsi: PGSD Universitas Negeri Yogyakarta.

Hakim, S. (2016). Hubungan Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Irianti, Fidelia .D.D. (2016.) “Hubungan Kemandirian Belajar Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi-Ipa Semserter 2 Sma Bakti Utama Purworejo”. Diunduh dari https://repository.usd.ac.id/6746/ pada tanggal 19 September 2021

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Junaidi, J., Ulfah, M., & Khosmas, F. Y. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA MEMILIH LINTAS MINAT EKONOMI KELAS X MIA DI SMAN 8 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7).

KARTINA, K., MUCHTAR, R., & TAIYEB, A. M. (2018). Hubungan antara Gaya Belajar, Motivasi dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. BIO-PEDAGOGI, 7(1), 45-48.

Kurniawan, A. S., & Prastowo, P. (2017). Antusiasme Belajar Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Bahasa Pada Lintas Minat Biologi di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1).

Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1).

Matua, S. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMPN 35 Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.

Nurwahyuni, F. (2018). EVALUASI PEMILIHAN LINTAS MINAT PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK PEMINATAN ILMU-ILMU ALAM TERHADAP MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KOTA BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Panjaitan, C. (2014). Analisis Minat Belajar Biologi pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Artikel Penelitian. Jambi: Universitas Jambi.

Deasty, D. P. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA N 2 Koto XI Tarusan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMATERA BARAT).

Raharjo. (2012). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Diunduh dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=855001 pada tanggal 5 Maret 2021

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Depok. Rajawali Pers

Saraswati, L. C., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper School terhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap di SMA Negeri 1 Sawan. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(3), 202-213.

Supriani, Y. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School. JIPMat, 1(2).

Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY PRESS.

Suriani. (2017.) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V SDN Sikapa Kecamatan Ternate Riaja Kabupaten Barru. Diunduh dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4077-Full_Text.pdf pada tanggal 6 September 2021

Tarmidi. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Diunduh dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4077-Full_Text.pdf pada tanggal 19 September 2021

Thoken, F., Asrori, A., & Purwanti, P. (2014). Analisis kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).

Tutpai, G., & Suharto, T. N. E. D. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 2(2), 1-11.

Wahidaturrahmah, N. L., Anif, S., & Djumadi, M. K. (2016). Sikap Siswa Kelas X Ips Pada Mata Pelajaran Biologi Program Peminatan Di SMA Negeri Colomadu Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Widyastuti, I. (2019, April). KAJIAN TENTANG HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1). Diunduh dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4743 pada tanggal 10 September 2021

Yanti, I., Trisoni, R., & Fajar, N. (2019). Hubungan Minat dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Kelas VIII di SMP N 1 Pariangan. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(2), 1-11.

Yendrita, Y., Elijonnahdi, E., & Anggraini, R. U. (2019). Motivasi Pemilihan Lintas Minat Biologi pada Siswa Jurusan Ilmu Sosial. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 104-110.




DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v4i1.2535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Nursia, S.Pd., M.Si
Biology Education Departement
Tarakan Borneo University
Jalan Amal Lama No1
Tarakan, North Kalimantan
 Hp : 081347925303