Identifikasi Jenis Pertanyaan Pendidikan Dan Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kota Tarakan

Ruly Indah Ruly, Fatmawati Fatmawati, Fitri Wijarini

Abstract


Penelitian ini merupakan identifikasi jenis pertanyaan yang diajukan oleh pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pertanyaan yang diajukan pendidik dan peserta didik di SMA Negeri 2 Tarakan berdasarkan jenis pertanyaan tingkat kogitif Taksonomi Bloom, pertanyaan tertutup dan terbuka serta untuk mengetahui apakah terdapat pertanyaan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dilakukan melaui observasi dan wawancara interaktif guru dan siswa yang didukung dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah pendidik yang mengampu mata pelajaran Biologi sebanyak 2 orang dan peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pertanyaan yang diajukan oleh pendidik terkait dengan tingkat kognitif Taksonomi Bloom pada pertanyaan tingkat C1 sebesar 40,90%, C2 sebesar 47, 72%, C3 sebesar 6, 84%, C4 sebesar 2,27%, dan C5 sebesar 2,27%. Sedangkan peserta didik mengajukan pertanyaan tingkat C1 sebesar 73,68%, dan tingkat C2 sebesar 26,31%. Kemudian untuk jenis pertanyaan tertutup dan terbuka pendidik didominasi oleh pertanyaan terbuka dengan presentase sebesar 56,81% dan pertanyaan tertutup sebesar 43,18%. Sedangkan untuk pertanyaan yang diajukan peserta didik terdapat 80% jenis pertanyaan tertutup dan 20% pertanyaan terbuka. Terdapat jenis pertanyaan tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking Skills) yang diajukan pendidik pada tingkat C4 (penerapan) dan tingkat C5 (evaluasi) dengan presentase masing-masing sebesar 2,27%. Sedangkan jenis pertanyaan tingkat tinggi tidak pernah diajukan oleh peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v7i1.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.