The Role of Biology Teachers in Building Students’ Interest in Learning in Cross-Interest Biology Subject
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar Ipas Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Ahmat, O. (2019). Peran Guru Biologi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Lintas Minat Biologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Ambon. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri, Ambon.
Alonemarera, Kaliu, S., Irawati, & Syamsul. (2023). Pendekatan Contextual Teaching and Learning: Studi Pengaruh terhadap Partisipasi Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Tinondo. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1), 63-71. https://doi.org/10.24815/jbe.v15i1.32042
Asokawati, S. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.
Baheriah, & Hariani, L. S. (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning (PjBL) dan Minat Belajar Siswa Terhadap Efektifitas dan Daya Tarik Pembelajaran Muatan IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 48–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.8927
Binuni, J., Kaunang, E. S., & Sumampouw, H. M. (2018). Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi SMA Negeri 2 Tondano. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 184-187.
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106-124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Gracia. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Di SD Katolik ST. Antonius Kali. Edu Primary Journal, 2(1), 22-30.
Hulu, F. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Education And Development, 9(2), 651-655.
Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110-128.
Meiyasa, I. (2016). Pendekatan Saintifik Dengan Strategi Bioedutainment Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Lintas Minat Di SMA. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Minsih & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20-27. 10.23917/ppd.v1i1.6144
Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Munif, M. A. (2019). Pengaruh Minat Siswa Pada Mapel Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Mangkang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Sainstek UIN Walisongo, Semarang.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop:Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Rusman. (2016). Model –Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27-34.
Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199-217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796
Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141-158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045
Wardani, G. A. (2017). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas Ii H Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah, Palembang.
Wulandari, K. T., & Trisnantari, H. E. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 1 Bangunjaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 4798-4805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6215
DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v5i2.4342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstracted/Indexed by: