ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 MALINAU

Dwi Setianingrum, Vlorensius Vlorensius, Aidil Adhani

Abstract


Scientific literacy is the ability to use scientific knowledge, identify problems,anddrawconclusionsbasedonevidencetounderstandandmakedecisions regarding nature and changes made to nature through human activities. Students need to master scientific literacy so they can understand the environment, health, economics, and other problems faced by modern society which is very dependent on technology and scientific developments. The type of this research was surveyresearch with a quantitative approach aimed to analyze the scientific literacyabilities of students in class X MIPA at SMA Negeri 1 Malinau in terms of context, content, and competency aspects. The sample obtained in this research amounted to 123 students. The average score in the context aspect is 55.51, which is in themedium classification. The average score in the content aspect is 46.59, which is in the medium classification, and the average score in the competency aspect is 46.59, which is in the low classification.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. H. 2015. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Adiwiyata Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik. ( Studi Kasus SMP Negeri 2 Depok)

Alatas, F., & Fauziah, L. 2020. Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Konsep Pemanasan Global. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), Vol 4, No. 2

Amin, Mohammad. 2016. Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya.

Seminar Nasional Pendidikan dan Saintifik

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. ISBN: 9786022172574

Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran (2nd ed.). Bumi Aksara Bakoro Adi. 2019. Profil Keterampilan Literasi sains Siswa di salah Satu Sekolah

Menengah Atas (SMA) Negeri di Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 3 (2) ,57-56

Darma, D., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. 2020. Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD. Edumaspul- jurnal pendidikan. Vol 4. No 1.

DeBoer, G. E. 2000. Scientidic Literacy: Another Look at I’ts Historical and Conteporary Meanings and I’ts Relationship to Scuence Education Reform. Journal of Research in Science Teaching, 37 (6).

Esthi, RR, Srigati. 2020. Uji Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)-STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Siswa MTsN 28 Jakarta. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Vol. 1. No. 1

Fuadi, Husnul., Robbia, Zikri. A., Jamaluddin., & Jufri, Wahab. A. 2021. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 5. No. 2.

Fortuna, R. A., & Fitria, Y. 2021. Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4).

Hendri, S., & Hasriani, M. 2019. Identifikasi Literasi Sains Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena). Journal of Natural Science

Hewi, L., & Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age

Hidayah, N. Rusiloati, A., & Masturi. 2019. Analisis Proses Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp/Mts Di Kabupaten Pati. Jurnal phenomenon. Vol. 9., No.1.

Hoolbrook, Jack dan Rannikmae, Miia., 2009. The Meaning of Scientific Literacy. International Journal Of Environmental & Science Education. Vol.4, No.3, 275-288

Huryah, Fadhiatul., Sumarmin, Ramadhan., & Effendi Jon., 2017. Analisis Capaiann Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X di Kota Padang. Jurnal Ekstrakm Pendidikan (JEP). Vol.1. No. 2.

KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses Melalui https://kbbi.web.id/analisis Kemendikbud. 2016. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan: Empat Perbaikan

Kurikulum 2013 . Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2019. Pentingnya Standar Internasional dalam Pendidikan Indonesia.

Lestari,H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020) Science Ability of Elementary Students Throygh Natur of Science-based Learning with the Utilization of the

Ministry o Education and Culture’s “Learning House”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6 (2) 2020 DOI:10.29303/jppipa.v6i2.410

Marzuki, & Silvia , Mega. 2023. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biolgi Kelas XI IPS 1 Di SMA Sinar Kasih Sintang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7., No. 3.

Mellyzar, Zahara Rita Syarifah & Alvina Sirry. 2022. Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol. 5. No. 2.

Mujizah, Rini., Wati, Mustika., & Mahtari, Sajidah. 2020. Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning Untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol.4, No. 2. Hal 89-98

Murni, R. L. F., Harlita, H., & Widoretno, S. 2017. Penerapan Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpretasi Data Siswa Kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, And Learning Vol. 14, No. 1.

National Science Teacher Assosiation (NSTA). 2011. National Academy of Science.

Washington, DC: National Academy Press.

Nurmilaati, S., Agung, S. & Murniati, D., 2021. Identifikasi Pengetahuan Dan Kompetensi Sains w Berdasarkan Socio-Scientific Issues (SSI) Pada Materi Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK). Vol. 11. No. 1.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanankan Karakter Peduli Lingkungan. Sosio Didakitika: Social Science Journal, 6(2).

Noor, Makhdum, Faiq. 2020. Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini : Perspektif Mahasiswa PIAUD. Vol 8., No. 1

PISA. (2006). Science Cometencies for Tomorroe’s World. Organisation for Education Coperation dan Development (OECD)

OECD. (2010). PISA 2009 Result: What Studens Performance in reafing, Mathematic and Science.

OECD, PISA (2015). Draft Science Framwork 2015.

OECD. (2015). OECD/PISA - Programme for International Student Assessment.

PISA – Programme for International Student Assessment, 10–43.

OECD. (2018). PISA 2015 Result Excellence And Equality In Education Volume I-I OECD Publishing

OECD. (2019). Programme For International Student Asesmen (PISA) Result From PISA 2018. Volume I-III. OECD Publishing

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. In OECD Publishing.

Pangaribuan, Pantoloan Oloan. 2020. Penerapan Metode saintifik Melalui Inovasi Kondisi Pembelaharan Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswadi SMA Negeri 1 Sipahutar. Jurnal TIK dalam Pendidikan, Vol 7. No. 2

Pantiwati, Yuni., 2017. Kemampuan Literasi dan Teknik Asesmen Literasi. Research Report (2017)

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMA Abad 21. Indonesian Journal of Nature Science Education (IJNESE), 1(1).

PISA. (2006). Science Cometencies for Tomorroe’s World. Organisation for Education Coperation dan Development (OECD).

Pratiwi, N. S., Cari, C., Aminah, S.N. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol 9. No.1

Rahmawati, D., Rusilowati, A., & Hardyanto, W. 2021. The Effect of Practicum Activities on Improving Data Literacy for High School Students. 5(37), 12– 17.

Rahmawati, I., & Suwanda,I. M. 2015. Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 71-78

Rifki, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Di Pondok Pesantren Menggunakan Farework Programme For International Student Assesment (PISA) 2015. (Bachelo’s thesis, Jakarta: FITK UIN Sayrif Hidayatullah Jakarta)

Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadyah Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol 6. No. 2.

Rohaili, Juliani., Seiati, Dadi., & Kusmiyati. Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcome Based Education (OBE) Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Literasi Sains.

Rohmah, Lailatul. I., & Hidayati, Nurul. S. 2021. Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. Vol. 9. No. 3.

Septiani, Yuni., Aribe, Edo., & Diansyah, Risnal. (2020). Aalisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi dan Open Source. Vol 3, No. 1.

Setiawan, A. R. (2019). Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi literasi Saintifik. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2).

Smas, Hafer. Musa., & Mokay, Merlin., Meggy. 2023. PKM Iktiolinguitik Dengan Mengenalkan Nama Ikan Dalam Bahasa Biak Subdialek Dwar di Kampung Dwar, Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Pengabdian Cendekia. Volume. 2., No. 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta, CV

Sumini., & Ratnasari. (2019). Analisis Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Ekresi Berdasarkan Literasi sains. Posiding Seminar Nasional Matematika dan Sains Departemen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra,

Suryani, Widodo, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Gadget-based interactive multimedia on socio-scientific issue to improve elementary students science literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM) 15 (1), 56-69.

Sutrisna, Nana. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol .2., No .12.

Syafrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model Of Building Science Literacy Of Basic School Students in 21st Century. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(1), 277-282.

Syafrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2),

Sugiyarti, Lina., Arif, Alrahmat., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 dengan Tema: Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21. ISSN: 2528-5564.

Sugiharningsih, Ni Made., Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Kelas IX Sekecamatan Suka Bumi Kota Bandar LampungTahun Ajaran 2015/2016. Skripsi 2016

Sutrisna, Nana. 20221. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1. No. 12

Toharudin, U., Sri Hendrawati dan Andrian Rustaman.2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik.Cetakan Pertama. Humaniora.Bandung.

Utama, Muhammad Nanda., Ramadhani Rizka., Rohmani, Silmi Nur., & Prayitno, Bakoro Adi. (2019). Profil Keterampilan Literasi sains Siswa di salah Satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 3(2).

Utami, D., & Suciati, B. A. P. 2015. Penerapan Integrasi Model Problem Solving dan Stad (prostad) berbasis potensi lokal pada materi Manusia dan Lingkungan untuk meningkatkan kemampuan Literasi Sains Sisw Kelas X 2 SMAN 1 Cepogo. Bio-pedagogi. 4(1).

Wardi, Zuhrotul Ladika., & Jauhariyah, Rodliyatul, N. M. (2023). Analisis Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMA Pada Matri Inti Atom dan Radioaktifvitas. Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 12. No. 2

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73.

Wulandari, N., & Solihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains. Jurnal Edusains. 8 (1), 66-73.

Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).

Zhasda, Jhoni. Sumarmin, Ramadhan, & Zulyusri. 2018. Analysis of Biological Science Literacy a Program for International Student Assessment (PISA) Class IX Junior High School Students at Solok Town. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT)

Zuryani, Elsy.,2013. Literasi Sains dan Pendidikan. Makalah: Kemenag Sumatera Selatan.




DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v7i1.6742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.