EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTs NEGERI TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Siti Fathonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII Mts Negeri Tarakan Kalimantan Utara. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII, adakah kelebihan ataupun kekurangan pada saat terjadinya pembelajaran daring berlangsung, serta memperbaiki segala sesuatu yang salah dalam proses pembelajaran daring di Mts Negeri Tarakan.

Penelitian  ini  menggunakan  metode penelitian  kualitatif  dengan  teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru kelas VII serta kepala Sekolah MTs Negeri Tarakan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Keywords


Efektifitas; Pembelajaran Daring; MTs Negeri Tarakan

Full Text:

PDF

References


Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh

Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50

Depdiknas.2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 TentangStandar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan.Padang: Akademia Permata.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 25.Pengetahuan. 131

Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3

Rahyubi, H. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Resmini, Novi dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17.

Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar