PENERAPAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan literasi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia yang dilaksanakan oleh dosen selama masa pandemi Covid-19 di Universitas Borneo Tarakan. Mahasiswa harus terus diberikan motivasi dan penerapan gerakan literasi dalam pembelajaran. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut melaksanakan tahapan dari Miles dan Huberman dalam menganalisis data. Tahap yang pertama yang dilakukan yaitu (1) reduksi data (2) menyuguhkan data (Data Collection), (3) Kesimpulan (Data Display) dan (4) verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis literasi yang dilakukan dosen dan mahasiswa terkait keterampilan berbahasa meliputi menyimak, berbiara, menulis dan membaca pada mata kuliah bahasa Indonesia. penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis literasi pada mata kuliah bahasa Indonesia.
Â
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com