KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN BERDASARKAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Suriata Suriata, Sari Sasmita

Abstract


Salah satu tantangan perguruan tinggi ditengah pandemi ini adalah dengan memfasilitasi mahasiswa agar dapat memiliki kemandirian dalam belajar dan mencari sumber belajar sesuai dengan target pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga perlu dilakukan sebuah penelitian tentang kemandirian belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Borneo Tarakan berdasarkan ketersediaan sumber belajar di tengah pandemi Covid-19. Tujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa dan mengetahui  sumber belajar apa saja yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran ditengah pandemi.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis kemandirian mahasiswa Bimbingan dan Konseling berdasarkan ketersediaan sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2020. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui kuesioner/angket dan wawancara dimana yang menjadi responden inti yaitu mahasiswa dan responden verifikasi adalah dosen. Kemandirian belajar mahasiswa  Jurusan Bimbingan dan Konseling tingkat kemandirian belajar berada pada tingkat tinggi dengan persentase 32,5% dan pada tingkat sedang dengan persentase 67,5%. Sumber belajar yang digunakan mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Borneo Tarakan berupa materi-materi yang dapat diakses oleh mahasiswa melalui moddle universitas dan juga dari hasil browsing dari berbagai sumber di internet. 


Keywords


Kemandirian Belajar; Sumber Belajar; Data Reduction; Data Display; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Barbara B Seels and Richey, R.C. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington, DC: AECT, 1994.

Chaplin, J.P. Kamus Psikologi. (terjemahan : Kartono). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.2002

Chitashvili, N. (2007). The concept of autonomy in second language learning. Georgian Electronic Scientific Journal: Education Science and Psychology, Vol. 2(11), 2007.

Darmayanti, T., Islam, S., & Asandhimitra. (2004). Pendidikan tinggi jarak jauh: Kemandirian belajar pada PTJJ. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadi, S., & Farida, F. S. (2012). Pengaruh Minat, Kemandirian, dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran. Dinamika Pendidikan, 7(1).

Haris, Mudjiman. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Iskandar, 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), Jakarta: Referensi.

Isnawati N, Samian. 2015. Kemandirian belajar ditinjau dari kreatifitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sosial. 2015 Juni 30;25(1): 128.

Januszewski, A. dan Molenda. Educational Technology: A Definition with Complementary. New York: Lawrence Erlbaum Associates. 2008.

Kemendikbuddikti. Surat edaran nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan corona virus disease (covid-19) pada satuan pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/. 2020 Apr 28.

Martinis Yamin & Bansu I Ansari, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa(Jakarta: Referensi, 2012), hlm. 19-20.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Taufik, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Inti Prima.

Tritahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Wulandari, I. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar