HUBUNGAN SAGITTAL ABDOMINAL DIAMETER (SAD) DENGAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA OBESITAS

Ni Kadek Yuni Lestari

Abstract


Pendahuluan : Penumpukan jaringan lemak yang berlebih di dalam tubuh yang merupakan faktor terjadinya aterosklerosis. Aterosklerosis pada pembuluh darah akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah arteri sehingga aliran darah menjadi tidak lancar atau terjadi peningkatan resistensi pembuluh darah yang memicu terjadinya hipertensi. Sagittal Abdominal Diameter (SAD) merupakan pengukuran antropometri yang memiliki korelasi paling kuat dan signifikan terhadap abdominal fat dibandingkan dengan pengukuran antropometri lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Sagittal Abdominal Diameter dengan tekanan darah pada penderita obesitas. Metode : Jenis penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross-sectional study. Jumlah sampel 107 orang dipilih dengan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mengukur SAD adalah Abdominal Caliper. Hasil : Rerata ukuran SAD adalah 26,01 termasuk abdominal fat meningkat. Rerata tekanan darah pada penderita obesitas yaitu sistole 146,73 mmHg dan diastole 90,56 mmHg. Analisa : Hasil uji Correlation Product Moment didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (<0,05) menunjukkan ada hubungan  Sagittal Abdominal Diameter dengan tekanan darah pada penderita obesitas. Diskusi: penumpukan lemak pada daerah abdomen menyebabkan menurunnya kadar adiponektin, menurunkan asam lemak bebas sehingga memicu terjadinya resistensi insulin. Keadaan hiperinsulinemia ini dapat menyebabkan vasokonstriksi dan reabsorpsi natrium di ginjal yang pada akhirnya mengakibatkan hipertensi. 

 

Kata kunci : Sagittal Abdominal Diameter, Tekanan  Darah,  Obesitas

 

 



Keywords


Sagittal Abdominal Diameter; Blood Pressure; Obesity

References


Anwar & Khomsan. 2013. Makanan Tepat Badan Sehat. Jakarta: Hikmah

Dinas Kesehatan Kota Denpasar. 2016. Profil Kesehatan Kota Denpasar. Denpasar : Dinas Kesehatan Denpasar

Dinas Kesehatan Provinsi Bali. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bali. Denpasar : Dinkes Bali

Hamid. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Sentral Pada Penduduk Dewasa (30-50 Tahun) Dikecamatan Lubuk Sikaping. (online), available: http//www.scribd.com/doc/60640456, (28 Pebruari, 2018).

Hanata dan Freitag. 2014. Karakteristik kegemukan pada anak sekolah dan remaja di Medan dan Jakarta Selatan. (online), available: http//www.scribd.com/doc/60640456, (21 Pebruari, 2018).

Idrus. 2014. Reaktivitas Kardiovaskuler Individu Normotensi Dari Orang Tua Hipertensi Primer. Jurnal Kardiologi Indonesia.

Kurniawan. 2013. Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Anak. Tesis. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Natalia. 2014. Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Hipertensi di Kecamatan Sintang, Kalimantan Barat. (online), available: http//www.scribd.com/doc/60640456, (21 Pebruari, 2018).

Nursalam. 2013. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian

Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Edisi 2, Jakarta : Salemba Medika

Pimentel et al, 2010. Accuracy Of Sagittal Abdominal Diameter As Predictor Of Abdominal Fat Among Brazilian Adults: a Comparation With Waist Circumference. Online https://pdfs.semanticscholar.org

Puspitasari. 2014. Hipertensi Dengan Obesitas: Adakah Peran Endotelin? Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Pusat Jantung Nasional, Harapan Kita, Jakarta : Jurnal Kardiologi Indonesia • Vol. 28, No. 6 • November 2014.

Smeltzer, S, & Bare. (2008). Brunner & Suddarths Textbook of Medical Surgical Nursing. Philadelpia : Lippin cott

Sudargo. 2014. Obesitas: Permasalahan dan Terapi Praktis. Jakarta : CV Sagung Seto.

Sulastri. 2012. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Sentral Pada Wanita Dewasa (30 - 50 Tahun) Di Kecamatan Lubuk Sikaping Tahun 2008. Jurnal Kesehatan Masyarakat. (online) available :http://ejournal.ac.id/index.php/jnursing. Diperoleh tanggal 2 Pebruari 2018




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v3i1.1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.