Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Akreditasi Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Siatas Barita
Abstract
Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas menjadi cara untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada puskesmas, sehingga dari mutu pelayanan kesehatan yang ditingkatkan dapat memberikan kepuasan bagi pasien atau masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi pasien tentang akreditasi puskesmas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Siatas Barita. Desain penelitian explanatory research menggunakan pendekatan crossectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 525 orang yang berusia 25-50 tahun, dan jumlah sampel yang didapat sebesar 84 orang. Analisis data chi-square dan regresi logitik berganda. Variabel Persepsi terhadap sumber daya manusia (p=0,001) dan manajemen mutu (p=0,001) berpengaruh terhadap kepuasan pasien berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Penanggungjawab manajemen mutu puskesmas harus melakukan evaluasi lebih lanjut yang berhubungan dengan sumber daya manusia (petugas) dan mutu pelayanan pasien agar dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien di Puskesmas Siatas Barita.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
El-Jardali, F., Hemadeh, R., Jaafar, M., Sagherian, L., El-Skaff, R., Mdeihly, R., … Ataya, N. (2014). The impact of accreditation of primary healthcare centers: successes, challenges and policy implications as perceived by healthcare providers and directors in Lebanon. BMC Health Services Research, 14(1), 1–10. JOUR.
Ilhamdani, A. L., Supratman, M. K., Wulanningrum, D. N., & Kp, S. (2017). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Pemilihan Pelayanan Kesehatan Di Desa Karanggeneng Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2016. DISS, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Indonesia, K. R. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN RI NO 75 TAHUN 2014 TENTANG PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT. JOUR.
Koesoemahardja, N. F., Suparwati, A., & Arso, S. P. (2016). Analisis kesiapan akreditasi dasar Puskesmas Mangkang di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(4), 94–103. JOUR.
Mirshanti, F. (2017). Pengaruh status akreditasi puskesmas, faktor sosial ekonomi dan jenis asuransi pasien terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di Puskesmas. DISS, UNS (Sebelas Maret University).
Pangerapan, D. T., Palandeng, O. E. L. I., & Rattu, A. J. M. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18. JOUR.
Rachmawati, S., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di klinik pratama medika utama semarang yang dimediasi oleh kecerdasan emosional. Journal of Management, 4(4). JOUR.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitati, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, R. D., Ridlo, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Damayanti, N. A., & Laksono, A. D. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien (The Influence of Primary Health Care Accreditation on Patient Satisfaction). Media Kesehat Masy Indones, 15(3), 228–236. JOUR.
DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i2.2131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123
Phone : 085246694869
Email : borticalth@gmail.com
Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.