FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD UNDATA PALU

Helena Pangaribuan

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen (pasien) terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan. Karena Kepuasan dapat di pengaruhi beberapa factor yaitu umur, pendidikan, dan pekerjaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan RSUD Undata Palu. Jenis penelitian Survei analitik, dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berkunjung di rawat jalan RSUD Undata Palu selama melakukan penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari jumlah pasien yang berkunjung di rawat jalan  RSUD Undata Palu, diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow, hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terhingga. Yakni sebanyak 43 responden. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian ada hubungan umur, tingkat Pendidikan dan Pekerjaan dengan kepuasan pasien dipelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu untuk mencapai kepuasan pasien di pengaruhi oleh factor umur, tingkat Pendidikan, tingkat kerjaan sehingga perlu menjadi perhatiaan untuk melakukan  perbaikan dipelayanan rawat jalan di RSUD Undata Palu. Diharapkan dengan penelitian ini rumah sakit dapat meningkatkan pelatihan tentang pelayanan prima dan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.


Keywords


Umur; Pendidikan; Pekerjaan; Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Asmuji. (2013). Manajemen Keperawatan ; Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar ruzz Media.

Aziz, K. (2010). Manajemen Pekerjaan : Konsep dan Aplikasi Pekerjaan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gray Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Latupono, A, Maidin, M. Amrullah & Zulkifli, A. (2015). Hubungan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Masohi tahun 2014. JTS Kesehatan.

Makin, B. dan M. (2011). Pendidikan Humanistik : Konsep, Teori dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Mudjiono, D. dan. (2010). Konsep Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muninjaya, A. . G. (2014). Manajemen Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Notoatmodjo S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional (Edisi 3). Jakarta: Salemba Medik.

Pohan, C. A. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

RI, D. (2009). Klasifikasi, Konsep Umur dan Kategori. Jakarta: Ditjen Yankes.

Tjiptono. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v5i1.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.