PERAN RELAWAN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD DI KABUPATEN BLITAR

Agus Khoirul Anam

Abstract


Dalam penanggulangan bencana diperlukan peran relawan pada saat tidak terjadi bencana, saat terjadi bencana, dan pasca bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran relawan PMI dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Blitar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran relawan PMI dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Blitar pada saat tidak terjadi erupsi, saat terjadi erupsi dan pasca erupsi. Metode dalam penelitian menggunakan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah semua relawan PMI Kabupaten Blitar baik tenaga sukarela (TSR) maupun kors sukarela (KSR) pada tahun 2016 sebanyak 150 relawan dan besar sampel yang diambil adalah sebanyak 30 orang menggunakan teknik Purposif Sampling. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa 60% relawan PMI memiliki peran cukup dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Blitar. Peran relawan PMI pada saat tidak terjadi erupsi dikategorikan cukup yaitu 50%, pada saat terjadi erupsi dikategorikan baik yaitu 63,3%, dan pasca erupsi dikategorikan kurang yaitu 56,7%. Rekomendasi dari penelitian ini bagi relawan PMI untuk meningkatkan kerjasama maupun komunikasi dengan BPBD maupun pihak yang terkait agar peran relawan lebih optimal khususnya pada saat pasca bencana.

References


Andarmoyo, Sulistyo. 2012. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

BNPB. 2011. Pedoman Peran Relawan Penanggulangan Bencana.

Friedman, Marilyn, M. 1998. Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.

Hidayat, A. A. A. 2008. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta:Salemba Medika.

Hikmawati, Enny. 2012. Penanganan Dampak Sosial Psikologis Korban Bencana Merapi (Sosial Impact of Psychological Treatment Merapi Disaster Victims). Informasi, Vol. 17, No. 02 Tahun 2012.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta:Salemba Medika.

Nursalam. 2014. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pelaksana Harian Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (BAKORNAS PB). 2007. Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indonesia Pelaksana Harian. Direktorat Mitigasi. Lakhar Bakornas PB.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana nomor 17 tahun 2011 Tentang Pedoman Relawan Penanggulangan Bencana.

Pusparini, Yunastiti. 2014. Peran Pemerintah Daerah Terhadap Penanggulangan Korban Bencana Alam Gunung Kelud Di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya

Sarwidi. 2010. Penanggulangan bencana gunung merapi berdasarkan sistem penanggulangan bencana nasional. Seminar nasional Pengembangan kawasan merapi. DPPM dan MTS UII. Jogjakarta.

Sutomo, A. H., dkk. 2011. Teknik Menyusun KTI-Skripsi-Tesis-Tulisan Ilmiah dalam Jurnal Bidang Kebidanan, Keperawatan dan Kesehatn. Jakarta:Fitramaya.

Ulum, Mochamad Chazienul. 2013. Governance dan Capacity Building Dalam Manajemen Bencana Banjir Di Indonesia. Jurnal Penanggulangan Bencana vol. 4, no. 2 tahun 2013 hal. 5-12.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Winurini, Sulis. 2014. Kontribusi Psychological First Aid (Pfa) dalam Penanganan Korban Bencana Alam. Info Singkat Kesejahteraan Sosial. Vol. VI, No. 03/I/P3DI/Februari/2014.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v1i2.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.