Hubungan Komunikasi dan Reward dengan Penerapan Patient Centered Care di Instalasi Rawat Inap

Fitriya Handayani

Abstract


Latar Belakang: Penggunaan patient  centered care yang baik dapat meningkatkan status kesehatan dan meningkatkan efisiensi dalam pemberian pelayanan keperawatan, tetapi penggunaan patient  centered care masih mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan Penelitian : Diketahuinya hubungan komunikasi dan reward dengan penerapan patient  centered care di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi melalui pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden, tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil Penelitian : terdapat hubungan komunikasi dan reward dengan patient  centered care di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto. Saran : Diharapkan pihak manajemen rumah sakit untuk mengadakan pelatihan patient  centered care dan meningkatkan reward serta diharapkan perawat untuk meningkatkan komunikasi yang baik guna meningkatkan mutu pelayanan di umah sakit.

 


Keywords


Komunikasi, Reward dan Pelayanan yang berpusat pada pasien

References


Aligning Forces four Quality. (2012). Measuring Patient Experience. Canada: Robert Wood Jhonson Foundation. Diakses dari www.rwjf.org/files/research/74242.measuring.pt.experience.0412.pdf pada 2 Agustus 2016.

Aprianto, Brian & Jacob, A.F. (2013). Pedoman Lengkap Profeisonal SDM Indonesia. Jakarta : PPM Management.

Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009.

Kusumaningrum, Arie. 2009. Aplikasi dan Strategi Konsep Patient Centered Care Pada Hospitalisasi Anak Pra Sekolah. Fakultas Kedokteran Sriwijaya.

Marquis, B. L., & Huston, C. J. (2010). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan, teori dan aplikasi. Jakarta: EGC.

Nasir.A.et al. (2011). Komunikasi dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Pohan, I. (2007). Penjaminan Mutu Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Riani, A. (2011). Budaya Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Robbins, S & Judge, T. (2008). Perilaku Organisasi. (Terj. D. Angelica, R. Cahyani, dan A. Rosyid) Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat. (Buku Asli tahun 2007)

RSUD DR. M. M. Dunda Limboto (2017). Profil RSUD RSUD DR. M. M. Dunda Limboto Tahun 2017. Gorontalo.

Sopiah. (2009). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Sulistyo, H. (2009). Pengaruh kepemimpinan spiritual dan komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal ekonomi & bisnis (Ekobis). Volume 6

Wahyuni, yanis, E. (2013). Artikel Penelitian Hubungan Komunikasi Dokter – Pasien Terhadap Kepuasan. Jurnal Kesehatan Andalas, 2(3), 175–177.

Qomariah & Lidiyah (2015). Hubungan faktor komunikasi dengan insiden keselamatan pasien. Journal of Ners Community, 06(November).

Zacher & Frese, 2011, Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Tingkat III 16.06.01 Ambon. Jurnal AKK, Vol 2 No 1.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v2i1.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.