Editorial Policies

Focus and Scope

JURNAL EKONOMIKAsebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antar tenaga pengajar, alumni, mahasiswa, praktisi dan pemerhati dalam bidang ekonomi akuntansi, manajemen dan ekonomi pembangunan baik secara kuantitatif maupun teoritis. Ruang lingkup jurnal ekonomika antara lain:

AKUNTANSI: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pajak, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi.

MANAJEMEN: Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi.

EKONOMI PEMBANGUNAN : Ekonomi Regional, Ekonomi Industri, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Sumber Daya Manusia, Ekonomi Publik, Ekonomi Syariah, Ekonomi Moneter.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

PEER REVIEW PROCESS

Jurnal yang dikirimkan akan ditinjau oleh minimal dua mitra bestari/ reviewer sesuai dengan bidang keilmuan. Reviewer akan mengevaluasi jurnal ilmiah yang telah dikirimkan oleh penulis, apakah jurnal yang dikirimkan merupakan dalam kategori ilmiah, apakah sudah pernah dipublikasikan sebelumnya (duplikasi karya)/ orisinalitas dan apakah naskah itu cukup jelas serta layak untuk diterbitkan.

Proses review pada jurnal ekonomika berlangsung selama 30 (tiga) puluh hari kerja, dengan alokasi yang diberikan kepada tiap mitra bestari/ reviewer dalam menyelesaikan proses reviewnya adalah maksimum 14 (empat belas) hari kerja. Apabila mitra bestari/ reviewer yang ditunjuk sebelumnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaan reviewnya dalam waktu yang telah ditentukan maka ketua redaksi akan menunjuk mitra bestari/ reviewer pengganti untuk melakukan review tulisan yang dikirimkan oleh penulis. Perekrutan mitrabestari dilakukan oleh dewan redaksi sesuai dengan kebutuhan dari Jurnal Ekonomika.

 

Publication Frequency

Jurnal Ekonomika (JEk) diterbitkan setiap bulan Januari dan Juni. Artikel dapat diakses secara online melalui laman http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/ekonomika dan artikel versi cetak bisa diakses atas permintaan.

 

Open Access Policy

JURNAL EKONOMIKA menyediakan akses terbuka langsung konten jurnal dengan prinsip bahwa jurnal yang dipublikasikan dapat didownload secara bebas sebagaimana untuk mendukung pertukaran pengetahuan secara lebih luas.

 

Plagiarisme Policy

Setiap naskah yang masuk dan terbit di Jurnal Ekonomika harus terbebas dari konten yang mengandung plagiarism. Penulis disarankan untuk menggunakan software pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pemeriksaan terhadap kemiripan konten sebelum melakukan pengiriman naskah. Selain itu Editor akan mendeteksi plagiarisme pada setiap artikel yang diajukan ke Jurnal Ekonomika dengan menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (Turnitin). Maksimum angka batas untuk plagiarisme adalah 30%. Setiap artikel yang terindikasi plagiarisme dikenai sanksi dan tindakan sesuai kebijakan editor.

Jika Penulis terbukti mengajukan naskah Jurnal Ekonomika dan mengirimkan juga ke Jurnal lain secara bersamaan, dan diketahui dalam proses review atau publikasi, maka artikel dalam proses akan langsung ditolak dan selama 1 tahun berturut-turut  penulis tidak boleh menerbitkan artikel di Jurnal Ekonomika.