Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak  dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, praktisi dan umum yang mengamati perkembangan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian dan kajian tentang isu-isu berkaitan dengan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

PEER REVIEW PROCESS

Jurnal yang dikirimkan akan ditinjau oleh minimal dua mitra bestari/ reviewer sesuai dengan bidang keilmuan. Reviewer akan mengevaluasi jurnal ilmiah yang telah dikirimkan oleh penulis, apakah jurnal yang dikirimkan merupakan dalam kategori ilmiah, apakah sudah pernah dipublikasikan sebelumnya (duplikasi karya)/ orisinalitas dan apakah naskah itu cukup jelas serta layak untuk diterbitkan. 

Proses review pada jurnal ekonomika berlangsung selama 30 (tiga) puluh hari kerja, dengan alokasi yang diberikan kepada tiap mitra bestari/ reviewer dalam menyelesaikan proses reviewnya adalah maksimum 14 (empat belas) hari kerja. Apabila mitra bestari/ reviewer yang ditunjuk sebelumnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaan reviewnya dalam waktu yang telah ditentukan maka ketua redaksi akan menunjuk mitra bestari/ reviewer pengganti untuk melakukan review tulisan yang dikirimkan oleh penulis. Perekrutan mitrabestari dilakukan oleh dewan redaksi sesuai dengan kebutuhan dari Jurnal Ekonomika.

OPEN ACCESS POLICY

JURNAL EKONOMIKA menyediakan akses terbuka langsung konten jurnal dengan prinsip bahwa jurnal yang dipublikasikan dapat didownload secara bebas sebagaimana untuk mendukung pertukaran pengetahuan secara lebih luas.

 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.