PENGARUH STRES KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA PERAWAT DI PUSKESMAS SEBATIK

Meylin Rahmawati, Irwana Irwana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Stres Kerja
terhadap kinerja perawat Puskesmas Sebatik, (2) pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja perawat Puskesmas Sebatik dan (3) pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kinerja perawat Puskesmas Sebatik. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat puskesmas Sungai Nyamuk dan puskesmas Aji Kuning. Teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Data penelitian berasal dari kuesioner yang di buat dengan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.
Hasil ini menunjukkan bahwa Stres kerja berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap Kinerja perawat dengan nilai thitung sebesar 2,991, ttabel sebesar 1,69389 dan nilai signifikan sebesar 0,005, maka dapat di simpulkan bahwa thitung > ttabel dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Kepuasan Kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kinerja perawat, dengan nilai thitung sebesar 1,390, ttabel sebesar 1,69389 dan nilai signifikan sebesar 0,174, maka dapat di simpulkan bahwa thitung < ttabel dan nilai signifikan lebih besar dari 0,05. Dukungan Sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja perawat, dengan nilai thitung sebesar 1,992, ttabel sebesar 1,69389 dan nilai signifikan sebesar 0,055, maka dapat di simpulkan bahwa thitung > ttabel dan nilai signifikan lebih besar dari 0,05.

Full Text:

PDF

References


Admanji, Luthfan. 2011. Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Perawat. Skripsi. Semarang:Universitas Diponegoro.

Akil, Yansyah Hari. 2016. Pengaruh Etika Kerja, Konflik Kerja dan Dukungan terhadap Kinerja Karyawan Hotel Nusantara Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Adnyaswari, Nyoman Adinda dkk. 2017. Pengaruh Dukungan Sosial dan Burnout terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rsup Sanglah. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6,No. 5.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Jakarta: Erlangga Chairizal, Novianto Tedy dkk. 2014. Pengaruh Stres dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru. Jom Fekon. Vol.1 No.2.

Cahyani, Dwi. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres

Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit 2. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Faudin, Mokhamad Afif. 2015. Pengaruh Stres kerja terhadap kinerja perawat melalui kepuasan kerja (Studi Kasus pada Perawat Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit

Meliter Kota Malang). Jurnal Manajemen.

Gaffar, Hulaifah. 2012. Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Mandiri (persero) Tbk kantor wilayah x Makassar. Skripsi. Makassar: Univeritas Hasanuddin Makassar. Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya

Manusia. (edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kristine, Erline. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan

Komitmen Organisasi terhadap Kinerja melalui Motivasi Kerja Pegawai Alih Daya (Outsourcing) di PT. Mitra Karya Jaya Santosa. Jurnal Eksekutif, Vol. 14.

Marchelia, Venny. 2014. Stres Kerja ditinjau dari Shift Kerja

pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologo Terapan, Vol.02, No.01.

Masbow. 2009. Apa Itu Dukungan Sosial?. Artikel, http://www.masbow.com. (diakses 25 Desember 2018).

Suryaningrum, Tri. 2015. Pengaruh Beban Kerja dan

Dukungan Sosial Terhadap Stres kerja pada Perawat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia.

Jakarta: Salemba Empat Yulia, Avira Rizqiana. 2017. Pengaruh Pekerjaan Keluarga dan Dukungan Sosial serta Kecerdasan Emosional terhadap Stres dan Kinerja Perawat Wanita di RSD dr. Soebandi Jember. Jurnal Bisnis dan

Manajemen, Vol.11, No.1.

Kazemian A, Nooriyan K, Parvin K. 2005. Survey the relationship between job satisfaction and job performance of nurses in ChaharMahal Bakhtiari. Journal of nursing and midwifery of gilan.

Siagian, Sondang. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi 1, Cetakan 26). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License